Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan

Like dan Bagikan

Kartu Atm Bca

Di zaman modern ini, banyak masyarakat yang sudah memanfaatkan jasa ATM (Automatic Teller Machine). Dengan ATM, urusan penarikan maupun transfer uang pun menjadi mudah. Tapi, ATM hanyalah mesin yang tidak sempurna. Suatu ketika, ATM dapat rusak dan bahkan menelan kartu rekening Anda. Wah, kalau sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? Simak cara mengatasi kartu ATM BCA tertelan berikut ini:

  • Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan

Apabila Anda tidak sabar menunggu atau takut kartu dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab, Jangan panic. Langkah yang tepat untuk dilakukan adalah memblokir kartu dan membuat yang baru. Anda tidak akan kehilangan seluruh isi tabungan karena yang diblokir adalah kartunya, bukan tabungannya. Anda akan tetap bisa mengakses tabungan lewat sms-banking atau melalui teller. Berikut ini prosedur umum yang harus dilalui:

 

  1. Segera Catat lokasi ATM Tempat Kartu Anda Tertelan

Hal ini sangat vital untuk membuktikan bahwa kartu rekening Anda memang tertelan. Hal ini akan ditanyakan oleh Costumer Service. Maka, pastikan Anda tahu dimana lokasi ATM tersebut.

  1. Kunjungi Atau Hubungi Cabang Bank Terdekat

Untuk memutuskan, perhatikan lokasi ATM :

  • Apabila kebetulan kartu tertelan ATM di cabang bank tersebut, Anda bisa langsung menginformasikan petugas.
  • Apabila Anda memakai ATM di luar bank, cari cabang bank di sekitar lokasi. Kalau kondisinya cukup aman dan cabang bank sangat dekat, segera masuk ke cabang bank tersebut dan laporkan kejadian pada costumer service.
  • Apabila tidak ada bank disekitar ATM, silakan hubungi costumer service bank dan laporkan kejadian. Costumer service akan menanyakan informasi seperti data pribadi, nomor rekening, dan jumlah saldo, atau transaksi terakhir. Pastikan Anda memiliki pulsa dan sudah mencatat informasi tersebut sebelum menelpon.
  • Apabila kartu tertelan ATM di tempat umum seperti supermarket atau mall, informasikan tentang kejadian ini pada petugas keamanan setempat agar tidak ada yang mengutak-atik rekening Anda sebelum menghubungi atau mengunjungi cabang bank terdekat.
  1. Serahkan Dokumen ke Costumer Service

Kunjungi cabang bank terdekat dan kunjungi Costumer Service dengan kopian KTP dan buku tabungan. Di sini, Anda akan diberi tahu apakah kartu bisa diambil kembali atau tidak. Apabila kartu bisa diambil kembali, nasabah biasanya harus menunggu paling lama seminggu. Kalau tidak bisa diambil, blokir kartu tersebut dan buat kartu baru.

  1. Membuat Surat Kehilangan

Apabila harus melampirkan surat kehilangan, Anda bisa mengunjungi kantor polisi terdekat dari ATM tempat kartu tertelan dengan membawa fotokopi buku tabungan dan KTP. Perlu diperhatikan bahwa kantor polisi yang dikunjungi harus di wilayah ATM, bukan dekat rumah Anda. Apabila sudah membawa kedua dokumen, Anda bisa mengajukan permintaan membuat surat kehilangan di kantor tersebut.

  • Macam Kondisi Kartu Tertelan dan Cara Mengatasinya

Langkah diatas adalah cara umum untuk mengatasi kartu tertelan ATM, terutama saat mesin rusak. Tetapi dalam kasus tertentu, ada cara lain untuk mengatasinya:

 

  1. Mati Listrik

Kalau mau bersabar menunggu, mesin akan berfungsi normal saat listrik kembali menyala dan Anda bisa menarik kartu.

  1. Salah memasukkan PIN tiga kali

Apabila Anda melakukan hal ini, kartu akan otomatis terblokir. Tetapi, bila kartu tidak keluar setelah terblokir, hubungi costumer service.

  1. Masuk Kembali

Hal ini terjadi apabila kartu tidak segera ditarik setelah keluar. Untuk mengeluarkannya kembali silahkan cancel transaksi.

Baca Juga :

Sudah tahu kan apa yang harus dilakukan saat kartu ATM BCA tertelan? Ingat, jangan pernah panik dalam menghadapi situasi ini. Jangan pernah pula memberi PIN ketika petugas call center atau costumer service menanyakannya, karena itu berarti Anda sedang ditipu. Selama Anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan seksama, niscaya rekening Anda tidak akan mengalami gangguan apapun.

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan