Cara Tepat dan Aman Mengatasi Kartu ATM Danamon Tertelan

Like dan Bagikan

Apakah Anda sedang menarik uang di ATM milik Danamon dan tiba-tiba kartu anda tidak bisa keluar? Jangan panik, rekening tidak akan hangus begitu saja. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan kepala dingin. Bahkan, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Berikut ini beberapa cara mengatasi kartu ATM Danamon tertelan yang bisa dicoba:

  • Blokir Kartu, Cetak Yang Baru

Apabila terdapat kesalahan teknis, kartu tidak mau keluar, dan petugas tidak bisa membongkar ATM, Anda bisa memblokir kartu. Berikut langkahnya:

  1. Hubungi Call Center

Untuk menghubungi call center bank, Anda dapat melihat nomornya di stiker yang tertempel di ATM. Sebelum menelpon, catat dulu lokasi ATM, nomor rekening, dan transaksi terakhir atau saldo rekening Anda – hal ini akan ditanyakan call center untuk mengecek kebenaran laporan.

  1. Laporkan Kejadian

Setelah menyiapkan info yang diperlukan, segera hubungi nomor call center dan laporkan kejadian. Jawab pertanyaan dari call center seperlunya, tetapi jangan menjawab bila Anda ditanyai soal nomor PIN.

  1. Request Blokir Kartu

Setelah menjawab pertanyaan verifikasi, mintalah opsi untuk blokir kartu ke call center. Anda akan diarahkan ke cabang bank terdekat untuk melanjutkan prosesnya dengan costumer service.

  1. Datang ke Cabang Bank Terdekat

Segeralah datang ke cabang bank terdekat untuk memproses kartu baru Anda. Ambil nomor antrian ke costumer service. Jangan lupa untuk membawa KTP dan buku tabungan Anda.

  1. Proses dengan costumer service

Minta costumer service untuk blokir kartu anda dan mencetak kartu baru. Tunjukkan KTP dan buku tabungan untuk kelengkapan dokumen. Bila harus membuat surat kehilangan, kunjungi kantor polisi di daerah kartu Anda tertelan ATM dan ajukan permintaan surat kehilangan dengan membawa fotokopi KTP dan buku tabungan. Setelah semua dokumen lengkap permintaan bisa diproses.

  1. Ambil kartu

Setelah proses selesai, tanyakan kapan kartu baru bisa diambil. Ambil kartu tersebut di waktu yang telah ditentukan.

  • Kondisi Yang Bisa Diselesaikan Tanpa Memblokir

Dalam kondisi tertentu, Anda tidak perlu memblokir kartu yang tertelan mesin ATM. Misalnya:

  • Salah Memasukkan PIN Tiga Kali

Bila melakukan hal ini, kartu Anda otomatis terblokir. Namun, Anda tetap harus melapor dan membuat kartu baru bila kartu tertelan.

  • Mati Listrik

Coba tunggu dulu sampai listrik menyala kembali. Bila tidak ada kesalahan teknis, Anda bisa melanjutkan kembali transaksi dan menarik kartu.

  • Kartu Tertelan Kembali

Hal ini bisa terjadi apabila kartu tidak ditarik sebelum time limit ATM. Masukkan PIN, lakukan sembarang transaksi, lalu cancel untuk mengeluarkan kartu.

  • Hal Yang Harus Diwaspadai

Masalah seputar rekening bank merupakan hal sensitif dan bisa dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab. Waspadalah terhadap:

  • Pertanyaan nomor PIN oleh Call Center

Pertanyaan verifikasi tidak membutuhkan PIN. Bila nomor PIN ditanyakan, maka Anda sedang ditipu.

  • Gerak-Gerik Orang Di Sekitar ATM Tempat Kartu Anda Tertelan

Apabila ada orang yang mencurigakan, jangan tinggalkan ATM sampai mendapat bantuan petugas bank atau mendapat ijin dari call center untuk mencabut steker. Bisa-bisa rekening Anda dicuci selagi ditinggal.

  • Biaya Pembuatan Kartu Baru

Umumnya, biaya pembuatan kartu baru berkisar di Rp 10.000,00. Anda sedang ditipu apabila diberi harga yang terlalu mahal.

Artikel Terkait : 

Apabila mengikuti langkah-langkah yang sudah tertera, maka masalah kartu ATM Danamon tertelan harusnya bisa teratasi. Selalu ingat untuk waspada terhadap penipuan dan pastikan untuk tidak panik saat melakukan langkah di atas. Kepanikan bisa dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dan berujung dengan pencurian isi rekening. Sabar juga mengadapi pelayanan yang lelet, karena lebih baik menunggu daripada ditipu.

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan