oleh

Cara Tepat Menangani Kartu ATM Mandiri Tertelan

Bank Mandiri merupakan salah satu bank favorit masyarakat Indonesia. Disamping pelayanannya yang profesional, Bank Mandiri memiliki cabang yang tersebar merata dan banyak membuka ATM tarik ataupun memasukkan uang di berbagai tempat. Lalu, bagaimana bila kartu ATM Mandiri Tertelan? Perhatikan petunjuk berikut ini untuk mengatasinya.

kartu atm MANDIRI tertelan

Cara Mengatasi Kartu Tertelan

Jangan buru-buru bertindak, kartu Anda bisa selamat tergantung pada kondisinya, yaitu:

  1. Kartu Tertelan Karena Listrik Padam

Apabila listrik padam, sebaiknya Anda menunggu dulu sampai listrik menyala kembali. Bila ATM tidak mengalami kerusakan teknis setelah menyala, seharusnya mesin akan bekerja seperti biasa dan Anda bisa melanjutkan transaksi dan mengeluarkan kartu.

  1. Kartu Tertelan Karena Waktu Menarik Kurang Cepat

Hal ini bisa terjadi saat Anda tidak menarik kartu dalam tenggat waktu yang ditentukan program ATM. Tenang saja, bila mesin tidak mengalami kesalahan teknis akan muncul tampilan masuk seperti biasanya. Untuk mengeluarkan kartu silahkan lakukan transaksi lalu cancel.

Apabila mesin mengalami kerusakan teknis, Anda bisa meminta petugas bank untuk mengeluarkan kartu Anda. Caranya:

  • Laporkan pada petugas terdekat bila Anda menggunakan ATM di bank. Jika memakai ATM di luar bank, carilah cabang bank terdekat atau hubungi call center bank tersebut.
  • Laporkan kejadian ke costumer service atau call center. Bila memungkinkan, ada petugas yang datang dan membongkar mesin ATM untuk mengeluarkan kartu.

Kalau ATM tidak bisa dibongkar karena sebab tertentu, blokir kartu yang tertelan dan buat kartu baru. Tenang saja, isi rekening tidak akan hilang karena yang Anda blok hanya kartunya saja. Ikuti langkah berikut:

  1. Datang ke salah satu cabang bank dengan membawa KTP dan buku tabungan
  2. Ambil nomor antrian untuk costumer service
  3. Laporkan kejadian ke costumer service dan minta blokir dan cetak kartu baru. Untuk membuat kartu baru, Anda harus menunjukkan buku tabungan dan KTP. Jadi pastikan Anda membawanya.
  4. Ambil kartu baru di waktu yang sudah dijanjikan

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Walau langkah diatas legal, kita harus berhati-hati dengan penipuan yang bisa terjadi saat mengatasi peristiwa yang serupa. Berikut ini beberapa hal yang harus diwaspadai:

  • Call Center atau Costumer Service Meminta PIN

Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti identitas, nomor rekening, dan saldo rekening atau transaksi terakhir, tapi tidak akan menanyakan PIN. Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mencocokkan laporan dengan data yang dipunyai bank. Apabila ditanyai soal PIN, berarti Anda sedang kena tipu. Segera tutup telepon bila hal ini terjadi.

  • Ongkos Cetak Kartu Baru Yang Terlampau Mahal

Sama dengan poin sebelumnya, Anda bisa terkena penipuan. Biaya cetak kartu baru tergantung oleh kebijakan bank. Tetapi, biayanya tidak terlalu mahal, biasanya cukup Rp 6.000,00 untuk biaya materai saja. Jangan mau diberi harga jauh melebihi itu.

  • Kasus Kartu Tertelan di Tempat Umum

Musibah Anda bisa menjadi ladang kerja orang lain. Apabila kartu Anda tertelan di ATM di supermarket, mall, atau tempat umum lainnya, hubungi petugas keamanan untuk menjaga ATM terutama bila ATM tidak mati walaupun kartu tertelan. Kalau tidak ada petugas keamanan, minta izin call center untuk mencabut steker dan memasang tanda rusak di layar agar tidak dimanfaatkan orang.

Artikel Terkait :

Sekarang, Anda sudah mengetahui langkah yang tepat untuk mengatasi kasus kartu ATM Mandiri Tertelan. Terapkan langkah-langkah diatas saat Anda maupun orang sekitar mengalami musibah ini. Yang penting, jangan pernah panik dalam mengatasi persoalan agar Anda dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Waspadalah terhadap penipuan, perhatikan gerak gerik orang sekitar sebelum bertindak agar rekening Anda tidak dimanfaatkan orang saat ditinggal di ATM.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru