oleh

Inilah Bentuk Gajah Purba Stegodon Yang Fosilnya Ditemukan Di Banjarejo – Grobogan

Bentuk Gajah Purba Stegodon Banjarejo – Grobogan Berdasarkan Fosil Yang Ditemukan

Gajah Purba Stegodon Banjarejo

Seperti yang telah diberitakan oleh banyak media beberapa waktu yang lalu, fosil gajah purba Stegodon telah ditemukan di area persawahan milik warga desa Banjarejo – Gabus, Purwodadi – Grobogan. Penemuan fosil gajah purba Stegodon ini merupakan pertama kalinya di daerah ini dan dalam kondisi masih lengkap, sehingga mendapatkan perlakuan istimewa dari para arkeolog.

 

Sedikit mengulas tentang fosil gajah purba Stegodon ini, nenek moyang gajah modern ini hidup sekitar 2,6 juta tahun silam dan mengalami kepunahan disekitar 12 ribu tahun yang lalu. Dan faktanya, fosilnya banyak tersebar didaerah benua Afrika dan Asia khususnya di Indonesia. Penemuan – penemuan fosil gajah purba Stegodon di Indonesia sendiri ternyata telah terjadi sebelumnya, namun kebanyakan kondisinya tidak sempurna dan kurang lengkap, tidak seperti fosil Stegodon yang telah ditemukan di desa Banjarejo.

Gajah Purba Stegodon Banjarejo

Bentuk dari gajah purba Stegodon ini sekitar 5 hingga 20 kali lipat dari gajah modern yang kita kenal sekarang, dan fosil Stegodon yang ditemukan di Banjarejo masuk dalam kategori bagus, dan perkiraan besarnya sekitar 10 kali lipat dari gajah Afrika sekarang

Nenek moyang gajah ini memiliki gading yang panjangnya dapat mencapai 5 hingga 9 meter, dengan bentuk fisik yang tak begitu berbeda jauh dengan gajah modern saat ini. Belum banyak informasi beredar terkait gajah raksasa ini, hal ini mungkin dikarenakan para peneliti dan arkeolog belum dapat mempelajari lebih jauh tentang spesies gajah purba ini.

Gajah Purba Stegodon Banjarejo

Yang diketahui melalui laman wiki, selain jenis gajah purba raksasa Stegodon ini, masih banyak lagi spesies gajah purba raksasa yang telah ditemukan dari berbagai penjuru dunia. Hingga saat ini telah dikenal sebanyak 12 jenis gajah purba Stegodon yang diklasifikasikan berdasarkan penemuan fosilnya. Beberapa museum purbakala di Indonesia yang telah menyimpan fosil dari gajah purba Stegodon ini antara lain adalah Museum Trinil, Sangiran dan Gunung Pati Ayam

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru