Kenali 16 Jenis Kuas Make Up Dan Fungsinya

Like dan Bagikan

Kuas Make Up

Mengenal Jenis Kuas Make Up Dan Fungsinya Untuk Pemula Dan Profesional

Untuk para make-up artist, khususnya pemula yang belajar secara otodidak, dapat dipastikan belum tau nama – nama jenis brush dan kuas make up secara keseluruhan. Namun yang pasti selain bentuk dan namanya yang sangat beragam tersebut, sikat atau kuas make up ini juga mempunyai fungsi sendiri – sendiri sesuai dengan kegunaannya.

Karena pada saat merias diri sendiri ataupun orang lain / model, menggunakan kuas make up yang sesuai ternyata sangat penting karena terbukti akan membuat hasil riasan atau make up menjadi lebih menarik, rapi serta tahan lama

Untuk itu, kali ini kami akan berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam hal kuas make up agar kita lebih mengenal jenis dan fungsinya berdasarkan nama serta bentuknya yang berbeda – beda.

Jenis – Jenis Kuas Make Up Lengkap Dan Fungsinya

1. Kuas Powder Brush

Kuas Make Up

Kuas Make Up jenis ini Fungsinya adalah untuk membantu mengaplikasikan bedak untuk wajah. Dengan Bulu kuas tebal sehingga mampu meratakan bedak dan mengindari taburan bedak terlalu tebal pada wajah. Berdasarkan ketebalan kuas make up jenis powder brush ini ada 3, antara lain large, medium, dan small powder brush.

2. Jenis Kuas Make Up Blush Brush

Kuas Make Up

Fungsi dari Kuas Make Up Blush Brush ini adalah untuk mengaplikasikan blush on pada area wajah supaya menjadi lebih rata. Ciri dan bentuknya, memiliki gagang yang lebih ramping dari kuas powder brush, serta tidak terlalu tebal.

3. Kuas Make Up Large Finishing Powder

Kuas Make Up

Jenis Kuas yang lebar dan besar seperti kipas ini berfungsi sebagai finishing make up, mampu membersihkan sisa sisa eyeshadow yang hancur atau meluber pada riasan secara cepat. Membantu merapikan bronzer, blush on (perona pipi) dan juga bedak tabur yang kurang rata atau terlalu tebal.

4. Kuas Angled atau Contour Brush

Kuas Make Up

Kuas Contour brush memiliki bentuk ujung yang runcing serta miring, Kuas make up jenis ini seringkali digunakan untuk membuat garis kontur pada tulang pipi atau garis dahi.

5. Kuas Foundation

Kuas Make Up

Kuas make up Foundation Brush berbentuk pipih dengan ujung bulu agak cembung, dan berfungsi membantu mengaplikasikan Foundation, concelar atau BB cream agar merata.

6. Kuas Make Up Eye Shadow Brush

Kuas Make Up

Eye Shadow Brush berbentuk pipih dengan ujung bulu cembung. Sesuai namanya, Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan eye shadow yaitu membentuk sudut garis mata.

7. Kuas Make Up Blending Brush

Kuas Make Up

Memiliki bentuk ujung bulu yang oval, kuas make up ini cocok dipakai untuk memberikan efek lebut pada garis eyeshadow agar riasan terlihat lebih natural dan smoot.

8. Kuas Eye Liner

Kuas Make Up

Kuas Eyeliner adalah kuas make up yang membantu mengaplikasikan eyeliner. Kita dapat membasahi kuas ini saat akan menggunakan eyeliner bubuk. Dan jika menggunakan eyeliner cair, maka kuas ini tidak perlu dibasahi.

9. Lip Brush / Kuas Bibir

Kuas Make Up

Kuas ini sengaja dibuat agar kita mampu dengan mudah membentuk garis bibir agar lebih tepat, sekaligus mampu mengatur intensitas warnanya sesuai selera. Biasanya Lip brush digunakan pada lipstick palette.

10. Kuas Make Up Angled Brow Brush

Kuas Make Up

Kuas Angled brow brush mempunyai ujung bulu yang meruncing miring, fungsinya untuk mewarnai alis (powder) dan membuatnya rapi secara bersamaan agar terlihat natural.

11. Kuas Concealer

Kuas Make Up

Kuas make up ini agak panjang yang ujungnya membulat dan runcing. fungsinya untuk membantu dalam penggunaan concealer pada kulit wajah yang berjerawat (tidak rata), atau bisa juga untuk menyamarkan lingkaran mata pada riasan.

12. Kuas Make Up Precise Eye Liner Brush

Kuas Make Up

Memiliki bentuk ujung yang kecil, tipis, kemudian memanjang. Kuas make up janis ini berfungsi membuat detil pada garis mata, dan eyeliner yang digunakan seringkali berbentuk gel.

13. Sponge Aplikator / Kuas Sponge

Kuas Make Up

Berbentuk layaknya sponge biasa, untuk membantu penggunaan eyeshadow pada kelopak mata.

14. Kuas Mascara / Lash Fiber

Kuas Make Up

Sering kali disebut sikat bulu mata, kegunaan kuas maskara adalah untuk membersihkan bulu mata dari gumpalan maskara yang mungkin terjadi. Dan dapat pula untuk menyikat bulu alis untuk hasil lebih rapi dan natural.

15. Kuas atau Sikat Alis (Lash Brow)

Kuas Make Up

Kuas ini mempunyai dua sisi yang berbeda, sisi mirip sisir mempunyai fungsi menyisir bulu mata, dan sisi yangberbentuk sikat untuk menyisir alis.

16. Kuas Kabuki

Kuas Make Up

Memiliki bentuk agak imut dengan pegangan yang pendek, fungsinya untuk menyapukan bedak atau perona pipi jenis mineral padat. Dengan menggunakan kuas make up ini, maka riasan akan terlihat rata, halus dan ringan.

Itulah ke 16 jenis kuas make up lengkap beserta bentuk dan fungsinya, dengan penggunaan kuas make up yang sesuai fungsinya, tentu saja dapat menghemat pemakaian make up kita. Dan semoga dengan artikel singkat ini dapat membantu anda dalam mendalami tata rias wajah atau make up

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Tinggalkan Balasan