Langkah Mengatasi Kartu ATM BNI Tertelan

Like dan Bagikan

Kartu Atm Bni Tertelan
Kartu Atm Bni Tertelan

ATM sudah menjadi bagian dari hidup modern karena penggunaannya yang praktis dan mudah. Saat ini hampr semua bank di Indonesia sudah menerbitkan ATM. Salah satunya adalah Bank BNI. Nah, bila Anda sebagai nasabah BNI sedang melakukan transaksi di ATM dan kartunya tertelan, apa yang harus dilakukan? Ada beberapa langkah mengatasi kartu ATM BNI tertelan, yaitu:

Cara Mengurus Kartu ATM BNI Yang Tertelan Mesin ATM

  • Tinjau Kondisi

Jangan panik menjadi langkah utama dalam mengatasi masalah ini. Setiap kondisi berbeda-beda cara menanganinya. Berikut beberapa kondisi yang umum terjadi:

  • Kartu Tertelan Kembali

Apabila Anda terlambat menarik kartu karena sedang mengatur uang dan ATM menariknya kembali, jangan khawatir. Masukkan kembali PIN Anda, lakukan sembarang transaksi, lalu cancel. Kartu Anda akan keluar lagi.

  • Mati Listrik

Tunggu kembali sampai listrik menyala. ATM akan bekerja seperti biasa dan membaca kartu Anda. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan transaksi atau menarik kartu.

  • Salah memasukkan PIN tiga kali

Apabila Anda melakukan hal ini, kartu akan otomatis terblokir. Tetapi, kartu seharusnya keluar kembali. Bila kartu tertelan laporkan pada petugas atau call center.

  • Kesalahan Teknis

Apabila ATM rusak, ada dua cara untuk menyelesaikan masalah ini:

Pengurusan Kartu ATM BNI Yang Tertelan Mesin ATM

  1. Hubungi call center atau petugas dan minta untuk membongkar ATM. Bila permintaan Anda diterima, akan ada petugas yang datang dan membongkar mesin untuk mengeluarkan kartu Anda.
  2. Apabila permintaan membongkar mesin ditolak, minta blokir dan buat kartu baru. Tenang saja, yang diblokir hanya kartu anda sehingga rekening tidak terpengaruh. Setelah itu datangi cabang bank terdekat untuk memproses permintaan Anda dengan costumer service. Biaya pembuatan kartu baru di BNI adalah Rp 15.000,00. Bila Anda diminta membuat surat kehilangan, minta kepada kantor polisi terdekat dari lokasi mesin ATM yang menelan kartu anda.
  • Waspada

Langkah-langkah yang tertera diatas legal dan aman untuk dilakukan. Tapi, selalu ada oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan musibah. Hati-hatilah terhadap:

  • Orang Di Sekitar

Orang di sekitar Anda, terutama saat kartu BNI tertelan di tempat umum, memiliki potensi sebagai pencuri dan penipu. Bukan bermaksud selalu berprasangka buruk pada setiap orang, tapi ada baiknya mengambil langkah ekstra agar rekening aman. Apabila mesin tidak mati walaupun kartu tertelan, mintalah izin kepada call center untuk mencopot steker dan menandai ATM tersebut rusak dengan menempelkan kertas di layarnya. Jangan meninggalkan ATM yang menelan kartu sendirian, karena orang lain bisa mengutak-atik rekening Anda dan mengambil uangnya.

  • Pertanyaan PIN

Jangan menjawab pertanyaan nomor PIN oleh call center maupun costumer service. Call center dan costumer service akan menanyakan data pribadi, nomor rekening, dan saldo atau transaksi terakhir sebagai pertanyaan verifikasi laporan anda. Nomor PIN bukan pertanyaan verifikasi. Apabila ditanyai nomor PIN, bisa dipastikan Anda sedang ditipu.

  • Harga Pembuatan Kartu Baru

Harga resmi pembuatan kartu baru BNI dari Januari 2017 silam adalah Rp 15.000,00. Saat ini, harganya mungkin saja meningkat, tetapi tidak mungkin terlalu jauh dari harga tersebut. Jangan mau diberi harga yang terlalu mahal dari itu.

Baca Juga : 

 

Memang menyenangkan apabila semua hal dapat dilakukan dengan praktis. Tapi, jangan lupa bahwa ATM hanyalah mesin belaka yang bisa rusak sewaktu-waktu. Lain kali, apabila kartu tertelan mesin ATM, ikuti langkat-langkah mengatasi Kartu ATM BNI Tertelan di atas dengan tenang. Jangan panik, karena kepanikan adalah celah penipu beraksi.

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan