oleh

Resep Cara Membuat Mie Ayam Bakso Ceker Sederhana Grobogan

-KULINER-1.133 views

Resep Dan Cara Membuat Mie Ayam Bakso Ceker Enak Sederhana Khas Grobogan

Mie ayam, kuliner khas kota Purwodadi – kabupaten Grobogan ini dapat dijumpai dengan mudah disetiap sudut dan gang – gang kecil sekalipun. Hingga masuk ke dalam desa – desa dipinggirn kabupaten, penjual mie ayam dapat ditemukan dengan mudah. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau untuk kebanyakan orang, yakni mulai dari Rp 4000,- hingga Rp 20.000,- .

 Mie Ayam Bakso Ceker

Setiap penjual mie ayam ini pastilah memiliki resep mie ayam asli yang berbeda – beda, resep mie ayam tersebut menjadi kunci yang dapat membedakan satu dengan yang lainnya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi resep mie ayam yang enak dan banyak disukai oleh orang – orang, khususnya diwilayah kabupaten Grobogan. Resep mie ayam bakso ceker asli yang enak ini cara membuatnya juga sederhana dan mudah, serta tidak memakan waktu yang lama.

Resep mie ayam ini juga dapat anda gunakan untuk jualan atau ditambah dengan pangsit hingga jamur agar lebih menarik dan lebih enak lagi. Tanpa panjang lebar lagi, berikut resep cara membuat mie ayam bakso ceker Grobogan yang dapat anda buat dan praktekan sendiri dirumah.

Mie Ayam Bakso Ceker Sederhana

Resep dan cara membuat mie ayam bakso ceker enak sederhana khas grobogan untuk 3 porsi

Bahan – bahan :

3 lembar Mie Keriting

2 bks bakso kemasan ukuran kecil

4 – 6 ceker ayam yang telah dicuci bersih

Pangsit goreng secukupnya

Beberapa lembar Sawi

1 tangkai Daun Bawang

Bawang goreng

Minyak kaldu Ayam

Beberapa lembar Kulit Ayam

Minyak sayur secukupnya

5 Siung Bawang Putih

¼ sendok teh Garam

¼ sendok teh Merica

Kuah kaldu Ayam

¼ kg Daging Ayam

1 Bawang Bombay Ukuran Sedang

6 Bawang Merah

2 cm Laos (Lengkuas)

2 cm Jahe

1 sdt Kunyit bubuk

1 sdt Ketumbar

3 Lembar daun jeruk dan daun salam

1/2 Sendok Teh Bubuk Pala dan Merica

Garam dan Gula secukupnya

5 sdm Kecap Manis

Minyak Wijen secukupnya

Air secukupnya

Cara Membuat Mie Ayam Bakso Ceker Enak Sederhana Khas Grobogan :

Daging ayam dicuci hingga bersih kemudian direbus hingga lunak (-/+ 15 menit). Setelah itu angkat dan potong dadu kecil – kecil, sisihkan. Pisahkan tulang ayam untuk nanti membuat kaldu ayam, dengan merebus dengan api kecil dan air secukupnya. Rebus juga bakso dan ceker ayam bersama dengan membuat kaldu ini. Kalau bisa jaga agar tetap panas, biarkan bakso tetap berada didalam, angkat ceker ayamnya saja. pisahkan

Oseng kulit ayam dengan minyak sayur hingga kering dan tambahkan bumbunya (bawang putih, merica dan garam yang telah dihaluskan), angkat dan sisihkan.

Tumis juga dengan minyak sayur Bawang bombay, bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang hingga lembut, oseng dengan api kecil. tambahkan kunyit dan ketumbar yang telah dihaluskan, geprek jahe dan laos lalu masukan disusul daun salam dan daun jeruk. aduk – aduk sebentar. Masukan kembali gula, garam, merica, bubuk pala, kecap manis, kecap asin, saus tiram dan minyak wijen secukupnya. Setelah matang, masukan potongan ayam dan ceker yang telah direbus tadi. Angkat jika telah meresap sempurna dan membentuk baceman ayam yang kental. Campurkan juga dengan kulit ayam yang telah dioseng tadi. Sisihkan untuk dijadikan bumbu campuran mie

Panaskan air dan rebus mie keriting hingga matang kemudian tiriskan. Masukan kedalam mangkuk dengan terlebih dahulu ditambahkan minyak kaldu ayam secukupnya pada masing masing mangkuk. Aduk rata hingga mie terurai sempurna dan siram dengan kuah kaldu secukupnya, bersama dengan menambahkan beberapa butir bakso dan ceker yang telah matang.

C:\Users\samsung\Pictures\website\New folder\Mie Ayam Bakso Ceker4.jpg

Masukan beberapa sendok baceman ayam tadi, irisan halus daun bawang, bawang goreng dan sawi yang telah dilayukan dengan mencelupkannya pada rebusan kaldu. Tambahkan juga pangsit goreng diatasnya untuk sentuhan terakhir. Mie ayam bakso ceker enak sederhana, siap disajikan, santap selagi hangat

Berita Populer:

Komentar

Post Terbaru