5 Penyebab Sebenarnya Bibir Kering Dan Pecah – Pecah

Like dan Bagikan

Bibir Sering Kering Dan Pecah-Pecah, Inilah Penyebabnya

Bibir kita merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif, sehingga harus selalu terjaga kelembabannya. Bibir dapat mengering dengan sangat cepat, dan terkadang sampai terjadi pecah – pecah dan berdarah. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan dan merusak penampilan

Menjaga kelembaban bibir adalah salah satu solusi yang dibutuhkan untuk mencegah bibir pecah – pecah dan kering dengan cepat. Kebanyakan dari kita mungkin berpendapat, bahwa hal ini menunjukan bahwa kondisi tubuh sedang kekurangan vitamin C.

Penyebab Bibir Kering Dan Pecah – Pecah

Namun taukah anda bahwa bukan hanya kekurangan vitamin C saja, terdapat beberapa kondisi yang dapat menimbulkan kondisi bibir menjadi kering dan pecah – pecah. Apa sajakah penyebab bibir kering dan pecah – pecah tersebut. Simak ringkasan yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi atau cairan tubuh yang kurang merupakan salah satu penyebab utama bibir menjadi kering dan pecah – pecah. Hal itu disebabkan karena kulit daerah bibir tidak mempunyai kelenjar minyak seperti halnya bagian kulit lain. Maka ketika terjadi dehidrasi, kulit daerah bibir-lah yang lebih dulu terlihat terkena dampaknya.

Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh telah cukup dan terpenuhi, dengan demikian bibir kering dan pecah-pecah sembuh sendiri dengan cepat.

2. Cuaca Dengan Udara Kering

Cuaca dengan kondisi udara yang kering juga dapat menyebabkan bibir menjadi sangat kering dan pecah – pecah. Hal itu dikarenakan kelembaban bibir berkurang dengan sangat cepat. Untuk mengatasi hal ini, maka sangat dianjurkan untuk memakai pelembab bibir yang banyak mengandung vitamin.

Penyebab Bibir Kering Dan Pecah – Pecah

3. Alergi Tertentu

Kondisi bibir yang selalu kering juga dapat disebabkan karena adanya rekasi alergi. Entah dari makanan, kosmetik ataupun berbagai kegiatan lain. Pemakainan kosmetik seperti halnya lipstik yang berbahan dasar propyl gallate atau phenyl salicylate, lebih cepat memicu timbulnya alergi pada bibir.

Jika hal ini terjadi, sangat dianjurkan untuk lebih selektif dalam memilik produk yang akan digunakan, tak terkecuali juga yang berkaitan dengan bahan makanan yang akan dikonsumsi

4. Sering Membasahi Pakai Ludah

Ternyata membasahi bibir dengan air ludah dapat cepat membuat bibir menjadi kering, seperti yang disampaikan oleh Dr Sari Chairunnisa SpKK dari salah satu peneliti produk kecantikan kulit.

Hal itu dikarenakan karena dalam air ludah mengandung sebuah enzim yang justru dapat memicu kulit bibir menjadi kering. Solusinya adalah mengontrol perilaku ini.

5. Adanya Infeksi Jamur

Menurut ahli spesialis kulit, Dr Shawn Allen dari Universitas Colorado. Bibir yang cepat kering dan kemudian pecah – pecah, dapat disebabkan karena infeksi jamur. Dengan kondisi ini, akan diperlukan penanganan medis untuk mengatasinya. Sebua tanda bibir yang terinfeksi jamur, ialah terjadi pecah – pecah pada tiap sudut bibir.


Like dan Bagikan

Tinggalkan Balasan