Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo Di Grobogan Belum Maksimal

Like dan Bagikan

Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo Di Grobogan Masih Belum Maksimal

Akses jalan masuk ke makam Ki Ageng Selo, salah satu tokoh penyebaran agama islam di kabupaten Grobogan hingga kini belum tergarap secara maksimal. Jalan utama untuk masuk ke desa Selo, tempat makam tokoh perintis kasultanan islam di tanah Jawa tersebut belum seluruhnya diperbaiki.

Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo

Namun keadaan jalan tersebut sudah lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Untuk dapat mencapai akses jalan masuk ke makam Ki Ageng Selo dari kota Purwodadi, Grobogan dapat ditempuh dari dua arah berbeda. Yaitu dari sisi selatan dan utara.

Pada sisi selatan, akses masuk untuk mencapai makam dari kota Purwodadi dapat melewati jalan raya Danyang – Kuwu dengan memakan waktu kira – kira 19 menitan, dari perempatan Dayang yaitu Jalan Diponegoro no 78, Purwodadi. Ketimur hingga mencapai pasar tradisional desa Gatak. Jalan raya Danyang – Kuwu no 1357, kemudian ambil jalan ke utara untuk mencapai desa Selo, dengan estimasi waktu sekitar 6 menit untuk sampai di depan jalan makam Ki Ageng Selo.

Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo

Kondisi Dua Jalur Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo Di Grobogan

Kemudian jika kita akan mengambil akses jalan masuk ke makam Ki Ageng Selo dari sisi utara, maka dapat melewati Jalan Raya Purwodadi – Blora. Yaitu dari perempatan desa Getasrejo ke timur, jalur ini agak ramai karena sudah termasuk jalur lintas provinsi. Untuk itu diharapkan kepada para peziarah dan pengunjung, yang akan ke makam Ki Ageng Selo dengan melewati jalur ini untuk ekstra berhati – hati.

Akses Masuk Ke Makam Ki Ageng Selo

Dari perempatan tugu Getasrejo tadi ke timur sekitar di kilometer 10 akan terdapat papan penunjuk jalan di sisi jalan utama, yaitu perempatan desa Tawangharjo. Dari perempatan ini, kita langsung ambil jalan ke selatan dengan perkiraan waktu 5 menit saja.

Jika anda memutuskan untuk melewati akses masuk dari sisi utara maka akan lebih mudah karena terdapat papan penunjuk jalan serta gapura besar sebagai penanda. Namun karena termasuk jalur lintas provinsi, maka kondisinya lebih ramai dari sisi sebelah selatan.

Demikianlah sedikit penjelasan bagi anda yang membutuhkan informasi tentang akses masuk ke komplek Makam Ki Ageng Selo, baik untuk napak tilas ataupun berziarah. Semoga membantu, silahkan berkomentar jika ada tambahan lain


Like dan Bagikan

Tinggalkan Balasan