Cara Benar Mengisi / Efiling Formulir Djp Online

Like dan Bagikan

Cara Mengisi / Efiling Formulir Djp Online Untuk Lapor Pajak Pendapatan

Berikut ini akan kami tutorial singkat tentang cara mengisi atau efiling formulir DJP online, sebagai syarat untuk laporan SPT Pajak tahunan. Seperti yang telah diketahui bersama, pajak hingga sekarang telah menjadi salah satu sumber pendapatan negara terbesar. Harapan kita sebagai masyarakat yang sadar hukum, tentunya uang pajak yang kita setorkan dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan dan juga pembangunan bangsa.

Salah satu pajak perseorangan yang wajib dimiliki oleh seorang warga negara adalah pajak penghasilan atas pendapatan, jenis pajak ini dilaporkan dalam periode satu tahun. Untuk memudahkan proses pelaporan pajak pendapatan ini, Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia telah menyediakan aplikasi eFilling Pajak melalui program DJP Online di situs resminya, yaitu djponline.pajak.go.id.

cara mengisi atau efiling formulir djp online

Sebuah aplikasi pembuatan surat setoran Pajak (SSP) secara elektronik atau online juga disiapkan oleh DJP Onlie melalui program e-Billing ini. Dengan fasilitas dalam melakukan transaksi pajak yang komplit dalam sebuah aplikasi ini, tentu saja sangat memudahkan kita memenuhi kebutuhan wajib pajak selama ini.

Cara Mengisi Form Efiling DJP Online Untuk Lapor Pajak

Situs DJP Online telah menyediakan aplikasi berupa formulir untuk keperluan melaporkan SPT via online, terdapat juga panduan cara mengisinya (eFilling). Jika kita adalah wajib pajak perorangan dan berstatus sebagai karyawan, proses pelaporan atau pengisiannya dibagi menjadi 2, yaitu bagi wajib pajak berpenghasilan diatas Rp 60 juta / tahun dan dibawah Rp 60 juta. Prosedurnya adalah sebagai berikut :

  • Bagi yang berpenghasilan diatas atau sama dengan Rp 60 juta per tahun, pilihlah Formulir SPT 1770 S.
  • Bagi yang berpenghasilan dibawah Rp 60 juta, maka pilihlah Formulir SPT 1770 SS

Namun bagi wajib pajak yang diluar kategori diatas (pekerja lepas misalnya), aplikasi formulir DJP online untuk melaporkan SPT tahunan ternyata belum disediakan. Namun pelaporan melalui situs Dirjen Pajak tetap dilayani, caranya adalah dengan membuat secara manual menggunakan aplikasi e-SPT DJP. Aplikasi e-SPT DJP online dapat diunduh langsung pada website resmi Dirjen Pajak.

cara mengisi atau efiling formulir djp online

Setelah dibuat secara maual, proses pelaporan SPT tahunan DJP online untuk kategori bukan pegawai atau massa ini adalah dengan mengunggah (upload). Format dokumen adalah CSV dan disertai lapiran pendukung lainnya dalam format PDF, melalui aplikasi eFiling Pajak.

Jenis – Jenis Formulir SPT Yang Dapat Diugah Menggunakan Aplikasi DJP Online Ini Adalah :

  • SPT Tahunan Orang Pribadi – Formulir 1770, Jika Anda adalah sebagai pengusaha atau pemilik pekerjaan bebas
  • SPT Tahunan Orang Pribadi – Formulir 1770 S, Jenis SPT ini formulir SPT Onlinenya telah disediakan DJP
  • SPT Tahunan untuk WP Badan Usaha
  • SPT Massa PPh Pasal 21 atau Pasal 26
  • SPT Massa PPN dan PPnBM
  • SPT Massa PPh Pasal 4 ayat (2)

eFiling Pajak menggunakan aplikasi DJP Online akan terasa sangat efektif, dan dapat membantu wajib pajak. Saat melaporkan pajak penghasilan tahunan, tidak perlu mendatangi Kantor KPP Pajak


Like dan Bagikan

Tinggalkan Balasan