oleh

Ladang Garam Desa Jono, Obyek Wisata Unik Di Grobogan

-WISATA-528 views

Keunikan Obyek Wisata Ladang Garam Jono, Penghasil Garam Yang Jauh Dari Laut

Ladang garam Jono telah lama diketahui oleh penduduk disekitar kabupaten Grobogan, sebagai salah satu penghasil garam dan air bleng yang berkualitas. Walaupun hingga sekarang ini masih banyak yang heran akan keunikan dari obyek wisata ladang garam desa Jono ini. Bagaimana tidak, ladang garam yang cukup luas ini letaknya jauh dari pantai ataupun laut. Lihat saja peta kabupaten Grobogan yang seluruh wilayahnya jauh dari laut dan pantai.

Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono

Proses penambangan diladang garam Jono inipun telah cukup lama berlangsung, bahkan menurut legenda tanah jawa, usia ladang garam Jono ini telah mencapai ribuah tahun. Ciri khas garam dari ladang garam Jono ini adalah warnanya yang agak kecoklatan seperti karat. Garam Jono ini juga telah secara alami mengandung kadar yodium sekitar delapan persen, yang sesuai dengan anjuran pemerintah agar cukup aman dikonsumsi.

Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono

Proses pembuatan garam Jono ini juga selayaknya pembuatan garam biasa, yakni dengan menjemur air asin yang mengandung mineral garam. Cuman disini air yang akan dijadikan garam Jono berasal dari air sumur, yang memang khusus memproduksi air garam ini dan telah ada sejak lama.

Artikel Wisata Lainnya :

Obyek Wisata Ladang Garam Desa Jono, Mendapat Perhatian Gubernur Dan Bupati

Selain kristal garam yang dihasilkan ladang garam Jono ini, masyarakat sekitar juga memanfaatkan produk sampingan yang berupa air bleng. Air bleng dari ladang garam Jono ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengawet dan perenyah untuk produksi pembuatan kerupuk. Fungsi air bleng Jono ini sebenarnya sama seperti garam, cuman pada prosesnya air ini memang tidak dapat mengkristal dan bukan merupakan zat yang berbahaya seperti yang disangka

Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono
Kepala Desa Jono Menunjukan Garam Hasil Produksi warga

Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni dan pejabat dari instansi terkait, berkesempatan berkunjung ke Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan ini. Beliau membantu memperkenalkan garam asal desa Jono, sekaligus obyek wisata unik ini kepada masyarakat luas.

Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono
Ganjar Pranowo melihat secara langsung proses pembuatan Garam Jono
Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono
Dekat dengan warga pemilik tambang Garam
Obyek Wisata Unik Ladang Garam Desa Jono
Ganjar Pranowo mengambil air bleng dari belik

Selain desa Jono, ladang garam serupa juga ada diwilayah lain kabupaten Grobogan, yaitu di arena obyek wisata Bledug Kuwu. Konon legenda asal muasal kedua ladang garam ini berhubungan erat dengan terciptanya obyek wisata Bledug Kuwu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru