Mau Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak? Lakukan Ini

Like dan Bagikan

Cara Praktis Kulkas Atau Lemari Agar Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Kulkas atau lemari agar es awet dan tidak mudah rusak, bukan hanya tergantung dari merk saja. Namun juga tergantung kebiasaan, ataupun cara kita memperlakukannya. Kulkas atau lemari es adalah salah satu perabot dalam rumah kita yang harganya lumayan mahal, dan keberadaannya sangat penting jika kita ingin dapat menimbun bahan makanan atau minuman agar terjaga kesegarannya untuk beberapa waktu. Oleh sebab itu kulkas atau lemari es ini tidak boleh sering sering dimatikan (trus menyala), alias harus terus terhubung dengan listrik.

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Dengan kondisi yang seperti selalu menyala, lemari es atau kulkas ini sangat rawan mengalami kerusakan dan tidak awet, jika kita tidak memperhatikan prosedur perawatan yang benar.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan sedikit tips tentang cara merawat kulkas atau lemari es agar tidak mudah rusak dan lebih awet. Sehingga kita dapat menghemat anggaran, karena tidak rutin membeli kulkas atau lemari es baru dalam periode tertentu

Tips Tentang Cara Merawat Kulkas Atau Lemari Agar Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Pastikan pintu kulkas atau lemari es agar selalu tertutup rapat setiap saat

Setiap kali kita mengambil sesuatu didalam kulkas, maka pastikan selalu pintu lemari es tertutup rapat. Jika terdapat kotoran atau sisa makanan yang mengganggu, sehingga pintu tidak bisa menutup dengan rapat, maka langsung saja bersihkan.

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Hal ini harus dilakukan untuk meminimalisir pengaruh suhu panas diluar kulkas, sehingga dapat meringankan kerja mesin dari kulkas atau lemari es tersebut

Menjaga suhu dalam lemaris es secara berkala dengan mengunakan setelan temperatur

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Selalu Pastikan suhu atau temperatur di dalam kulkas tidak melebihi 4 derajat, supaya mesin kulkas tidak terlalu keras bekerja dan bahan makanan / miniman tetap segar. Suhu di dalam kotak freezer juga harus selalu dingin agar es tidak mudah mencair.

Bersihkan kulkas secara rutin

Buatlah jadwal untuk membersihkan kulkas atau lemari es, agar dapat dilakukan secara rutin. Kebersihan baik didalam maupun diluar kulkas, sangat penting untuk menjaga keawetan kulkas dan bahan makanan.

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Buanglah bahan makanan atau minuman yang telah basi atau kadaluarsa agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri berbahaya. Selain itu perputaran udara dalam lemari es dapat bersirkulasi dengan baik. Hindari menggunakan benda – benda tajam (gunting, pisau dll) untuk membersihkan kotoran ataupun bunga es yang menempel dalam freezer. Jangan pula membersihkan dengan cara menyiram dengan air panas. Hal tersebut dapat langsung merusak kulkas dengan sangat cepat.

Biarkanlah es dalam freezer meleleh dengan sendirinya, gunakan kain lap halus untuk memberikan kotoran – kotoran yang menempel.

Jangan memasukkan makanan dan minuman yang masih dalam kondisi panas

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Hindari menggunakan kulkas sebagai alat penyimpan untuk makanan yang baru selesai dimasak dan minuman panas. Hal ini dapat merusak alat pengatur suhu yang terdapat didalam kulkas. Jika ingin ditempatkan didalam kulkas, maka sebaiknya tunggulah agak dingin terlebih dahulu makanan dan minuman yang akan disimpan.

Jangan membuka kulkas atau lemari es saat terjadi pemadaman listrik atau mati lampu

Kulkas Atau Lemari Es Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Usahakan jangan sekali – kali membuka pintu lemari es untuk mengeluarkan isinya, tunggulah beberapa saat hingga listrik kembali menyala, atau paling tidak 8 jam jika listrik tetap padam. Dalam kondisi mati, kulkas masih dapat mempertahankan suhu untuk mengawetkan isinya didalamnya

Begitulah beberapa tips tentang cara menjaga dan merawat kulkas atau lemari es kita, supaya tidak mudah rusak dan tentu saja awet. Jika anda mempunyai tips tambahan yang berhubungan dengan kulkas, silahkan tinggalkan komentar dibawah agar dapat menjadi informasi berguna

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Tinggalkan Balasan