Sendang Coyo Tempat Wisata Unik Di Grobogan

Like dan Bagikan

Muncul Dari Bekas Tongkat Sunan Kalijaga Ditancapkan, Air Sendang Coyo Bisa Buat Awet Muda

Sendang Coyo adalah salah satu Tempat wisata unik di Kabupaten Grobogan, tepatnya di kecamatan Pulokulon. Sendang adalah genangan air seperti danau, namun lebih kecil dan mempunyai sumber air. Diberi nama Sendang Coyo karena kejernihan air sendang yang nampak seperti memancarkan cahaya atau Coyo dalam bahasa Jawa kuno. Dapat dikatakan bahwa Sendang Coyo ini juga merupakan salah satu sendang, atau telaga primadona dan kebanggaan warga Grobogan. Keajaiban Sendang Coyo ini adalah, mata airnya selalu ada dan meskipun pada musim kemarau, sendang ini tak pernah kering.

Sendang Coyo Tempat Wisata Unik Di Grobogan

Berdasarkan kepercayaan sesepuh setempat, Sendang Coyo adalah mata air peninggalan Walisongo, yaitu sunan Kalijaga. Dikatakan bahwa Sendang Coyo ini muncul dari dalam tanah dengan sendirinya atas ijin Allah, setelah salah satu murid atau santri sunan Kalijaga yang dikenal sebagai Kyai Gambi mencabut tongkat yang pernah ditancapkan beliau. Kala itu sang sunan sendiri sedang mencari air saat istirahat, ditengah perjalanan menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Mandi Di Sendang Coyo Di Bulan Muharam, Bisa Awet Muda

Kepercayaan yang berkembang dari dulu hingga sekarang adalah, bahwa Sendang Coyo ini mampu membuat siapa saja yang mandi atau membersihkan badannya jadi awet muda pada malam bulan Suro atau Muharam. Berdasarkan keprcayaan dari mayarakat setempat inilah, sendang Coyo ini menjadi salah satu tempat wisata unik di Grobogan.

Lokasi tepat Sendang Coyo ini berada dipinggir hujan dan dekat dengan pemukiman warga, yaitu Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Kurang lebih 20km dari kota Purwodadi ketimur, melalui jalan raya Danyang – Kuwu

Sendang Coyo Tempat Wisata Unik Di Grobogan

Spot liburan atau tempat liburan di Grobogan ini, lokasinya memang lumayan jauh dari keramainan dan menawarkan nuansa lingkungan hutan pohon Jati yang masih asri. Namun jika anda ingin berkunjung kesini, maka setidaknya anda harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Karena dilokasi Sendang Coyo ini, jarang ditemukan penjual makanan dan minuman. Anda dapat berkunjung kesini kapanpun, namun para pengunjung paling banyak datang memasuki bulan Muharam dan juga hari libur

Sendang Coyo Tempat Wisata Unik Di Grobogan

Berita Populer:


Like dan Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan