Memperingati Hari Nusantara, Bupati Harapkan Seluruh Elemen Bersatu Padu Bangun Grobogan

Like dan Bagikan

Memperingati Hari Nusantara, Bupati Harapkan Agar Masyarakat Bersatu Membangun Grobogan

Sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah, Rabu (13/12/2017) Untuk kali pertama diperingati sebagai Hari Nusantara. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan mengadakan upacara bendera guna memperingati hari Nusantara tersebut. Bertempat di halaman Setda Kabupaten Grobogan, upacara tersebut dilaksanakan tepat pukul 07.30. Upacara tersebut diikuti oleh Bupati Sri Sumarni sebagai Irup dan jajaran Forkopimda serta Setda Kabupaten Grobogan.

Hari Nusantara Dicetuskan 13 Desember 2001 Berdasarkan Deklarasi Juanda

Dalam sambutanya, Bupati menjelaskan peringatan Hari Nusantara mulai dicetuskan pada 13 Desember 2001 saat masa pemerintahan Presiden RI ke 5, Megawati Soekarnoputri. Peringatan hari Nusantara ini didasarkan pada Deklarasi Juanda yang diumumkan pada 13 Desember 1957. “Tema hari Nusantara 2017 ini adalah “Gotong Royong” dalam kebhinekaan di nusantara guna menjadikan Indonesia sebagai proses maritim dunia, hari nusantara selain bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar didunia yang berceritakan nusantara juga dimaksudkan untuk mengubah pola pikir terhadap ruang pengelolaan yang dahulu hanya fokus ke daratan sekarang juga bisa fokus ke lautan serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat,” papar Bupati.

Dalam upacara ini, Bupati menyampaikan amanat kepada para peserta upacara agar dapat bergotong royong membangun Grobogan dengan melibatkan semua potensi. “Melalui peringatan hari Nusantara ini saya mengajak seluruh rakyat grobogan bersatu padu, bergotong royong, bersama-sama membangun grobogan yang tercinta ini. Tidak hanya itu saja, kita juga diamanatkan untuk membangun Nusantara melibatkan semua potensi dan semua kekuatan yang kita miliki serta tidak lupa menjaga kelestarian lingkungan kita, menjaga kelestarian lautan sebagai wujud implementasi gerakan nasional revolusi mental. Itulah semboyan kita untuk masyarakat Grobogan khususnya dan Indonesia umumnya. Selamat hari nusantara 2017,” pungkas Sri Sumarni.


Like dan Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan