oleh

Pemilihan Duta Batik Grobogan 2018

Peter Guntara, Juara Umum Putera Batik Grobogan 2018

Juara Umum Putera Batik Grobogan 2018

Batik asli kabupaten Grobogan mempunyai motif yang khas. Itulah yang diungkapkan Peter Guntara, juara umum Putera Batik Grobogan 2018. Pria yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini merasakan kebanggaanya dapat menjuarai ajang tersebut. Disebutkannya, batik Grobogan mempunyai corak yang cukup berbeda dengan batik lainnya. “Batik khas Grobogan cenderung memiliki motif yang kental seperti motif simpang lima Purwodadi yang menjadi ikon kota Purwodadi atau palawija yang menggambarkan potensi tinggi di Grobogan adalah hasil pertaniannya,” jelas Peter.

Dalam kegiatan yang diadakan Anny’s Weeding Planner ini, Peter sapaan akrabnya, berhasil memukau para juri. Berpakaian kemeja batik Grobogan dengan corak warna ungu, pria ini berhasil menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan dewan juri.

“Nervous pasti ada. Hanya saja bagaimana kita mengcover itu semua. Biasanya kalau saya gugup, saya genggam tangan lalu menghela nafas,” katanya.

Batik Grobogan Punya Motif Khas

Dikatakan Peter, batik pada umumnya adalah identitas dan warisan leluhur yang patut untuk dilestarikan. Pria yang juga menjuarai Duta HIV AIDS Grobogan tahun 2017 ini juga mengatakan harga tinggi yang ditekankan dalam penjualan batik sangat wajar. “Batik itu bukan sebatas kain bermotif saja. Butuh waktu yang lama untuk proses pembuatannya. Goresan demi goresan menggambarkan perasaan hati si perajinnya. Dengan itu kita harus menghargai mereka yang telah melestarikan dan mencintai budaya bangsa,” katanya.

Juara Umum Putera Batik Grobogan 2018

Karena itu, Peter berharap masyarakat khususnya di Grobogan agar bangga terhadap batik sebagai simbolisasi kultur. Dan tugas sebagai Putera Batik Grobogan ini salah satunya memperkenalkan batik kepada masyarakat. “Saya mengajak masyarakat untuk mencintai batik sebagai busana sehari-hari. Di samping itu, kita bisa langsung mencintai produk daerah yang akan langsung meningkatkan ekonomi masyarakat perajin batik ini,” terangnya (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru