oleh

Diguyur Hujan 5 Jam Nonstop, Purwodadi Banjir

-PERISTIWA-510 views

Banjir Juga Landa Genuksuran – Kecamatan Purwodadi

Hujan deras disertai angin sejak pukul 14.00, Senin (26/2) kemarin siang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan. Terutama di desa Genuksuran kecamatan Purwodadi. Banjir ini disebabkan meluapnya sungai kecil tepatnya di sebelah pasar desa Genuksuran. Sunardi, petugas Babinsa Genuksuran mengatakan beberapa rumah di desa binaannya ini terendam banjir. Namun, luapan banjir tersebut di beberapa rumah sudah surut karena debit air tidak terlalu besar. Sementara ketinggian luapan air hanya 5 x 20 meter.

Purwodadi Banjir Diguyur Hujan 5 Jam Nonstop
Polsek Purwodadi juga ikut memantau kondisi banjir

“Di perkampungan air meluap sampai ke jalan. Namun, cepat surutnya karena debit air tidak terlalu besar. Sementara di jalur Genuksuran-Kablukan tidak sampai naik ke jalan,”kata Sunardi.

Selain masuk ke wilayah pemukiman, pasar desa Genuksuran juga terendam banjir. Seorang pedagang kelontong yang masih membuka tokonya di kompleks pasar tersebut harus mengemasi dagangannya ke tempat yang lebih aman sebelum air masuk ke dalam tokonya. “Di belakang air sudah hampir tinggi. Jadi saya harus segera mengemasi dagangan yang di lantai ke atas agar tidak basah semua,” kata seorang pemilik toko yang tidak mau disebutkan namanya ini. “Berdasarkan pantauan, tidak ada catatan kerugian banjir di desa ini,” kata Sunardi.

Purwodadi Banjir Diguyur Hujan 5 Jam Nonstop

 

Purwodadi Banjir Diguyur Hujan 5 Jam Nonstop

Selain di desa Genuksuran, banjir juga merendam perkampungan desa Kablukan yang letaknya bersebelahan dengan desa Genuksuran. Tidak hanya itu, areal persawahan di desa itu juga terendam banjir. Pihak Polsek Purwodadi juga ikut memantau kondisi banjir di desa tersebut, diantaranya Bripka Sukarjo yang ikut memantau debit air di sekitar parit di desa Kablukan. Dengan alat senter, mereka memantau kondisi jalan dan sungai yang meluap. Hal ini dikarenakan padamnya listrik di daerah tersebut. Sementara di desa Candisari, tepatnya di samping SMPN 7 Purwodadi yang mayoritas berupa areal persawahan juga terendam banjir. Terlihat beberapa warga membuat jaring untuk menangkap ikan.

Untuk wilayah dalam kota Purwodadi, genangan air juga terlihat dibeberapa tempat, salah satunya di sekitar kawasan pasar Nglendoh. Tepatnya diperkampungan warga, belakang pasar. Air kotor memenuhi selokan dan menggenangi beberapa rumah warga

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru