oleh

Kades Dilarang Selewengkan Dana Alokasi Desa

-SOSIAL-500 views

Arahan Bupati Grobogan Terkait Dana Alokasi Desa 2018.

Ratusan kepala desa se Kabupaten Grobogan berkumpul di Firdausia Ballroom Kyriad Hotel, Senin (19/2) pagi. Pertemuan tersebut dilakukan untuk mendengarkan arahan Bupati Grobogan, Hj. Sri Sumarni mengenai Dana Alokasi Desa 2018. Sri Sumarni meminta agar para kades untuk tidak melakukan penyelewengan dana terkait APBDes yang bersumber dari APBN 2018 tersebut.

Kades Dilarang Selewengkan Dana Alokasi Desa

“Saya berharap sosialisasi kali ini mampu memberikan semangat dan energi baru bagi kita semua. Utamanya para kepala desa sehingga dalam menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa berjalan dengan baik, efektif, efisien sesuai dengan UU No 6/2014 tentang desa,” harapnya.
Selain itu, Bupati meminta agar kades se Kabupaten Grobogan membuat rancangan dana desa sesuai dengan aturan yang ditentukan secara partisipatif melalui review RPJM Desa dan RKP Desa. “Penyusunan APBDes dengan skema padat karya, swakelola, tertib transparan, tepat waktu, tepat mutu dan tepat guna. Untuk mencegah penyimpangan, wilayah harus mampu memberikan fasilitasi melalui pembinaan, monitoring dan evaluasi,” tambah mantan ketua DPRD Kabupaten Grobogan ini.

Adapun alokasi dana desa tahun 2018 ini, meningkat pada alokasi formula yakni 20 % dari tahun lalu yang hanya 10 persen. Sementara alokasi afirmasi terdapat penambahan sebanyak tiga persen untuk desa tertinggal dengan jumlah penduduk miskin tinggi. Masing-masing desa memperoleh alokasi mulai dari Rp 680 juta hingga Rp 1,5 M.
Ke depannya dengan APBDes 2018 ini untuk kegiatan pemberdayaan seperti kewirausahaan, RTLH, operasional penyuluh pertanian, swadaya dan lain-lain.

“Tentunya yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kewirausahaan warga masyarakat di antaranya pengembangan BUMDes, sesuai potensi masing-masing desa dan peningkatan produksi pertanian,” pungkas Sri Sumarni. (Hana)

 

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru