oleh

Patung Pangeran Diponegoro, Wajah Baru Kab Grobogan

Kebanggaan Warga Grobogan, Patung Pangeran Diponegoro Telan Dana Rp 400 juta

 

Siapa yang tak kenal dengan pahlawan nasional kita, Pangeran Diponegoro. Pahlawan asal Yogyakarta ini pernah melakukan perjuangan bersama putri daerah Grobogan, Nyi Ageng Serang. Sosoknya yang berjasa bagi negeri kita ini dihargai lewat pembangunan patung berbentuk Pangeran Diponegoro sedang berkuda. Patung tersebut dibangun di titik bundaran Getasrejo, kecamatan Grobogan. Tepatnya di depan Bank Purwa Artha.

Patung Pangeran Diponegoro, Wajah Baru Kab Grobogan

Pembangunan patung yang dilakukan beberapa bulan lalu, kini sudah selesai. Patung ini sekaligus menjadi titik utama atau gerbang selamat datang menuju Kota Purwodadi. Tentu saja, kehadiran patung ini mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Contohnya Bowo, warga Tambakselo, Wirosari. Bowo yang menjadi pelayar, Selasa (21/2) kagum dengan keberadaan patung tersebut. “Sudah dua bulan nggak pulang ke Wirosari. Dari stasiun Ngrombo, saya naik ojek turun di sini menunggu istri jemput saya. Pas berdiri di sini, saya baru ngeh kalau ada patung baru di situ (menunjuk patung tersebut-red).

Patung Pangeran Diponegoro, Wajah Baru Kab Grobogan

Pembangunan patung Pangeran Diponegoro ini selain sebagai simbolisasi baru, juga mempunyai manfaat edukatif. Terutama para generasi muda yang hampir tidak mengenali beberapa nama pahlawan nasional. Pembangunan patung ini merupakan hasil adopsi dari daerah lain yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup berdasarkan studi banding yang telah dilaksanakan sebelumya. Menurut pihak DLH, di berbagai daerah setiap sudut kota mengaplikasikan berbagai patung pahlawan yang dibangun untuk mengenalkan sejarah kepada para warganya. Dan pembangunan Patung Diponegoro yang sudah selesai ini menghabiskan dana hingga Rp 400 juta.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru