oleh

Diakui Negara, Potensi Wisata Kab Grobogan Ternyata Tinggi

-WISATA-440 views

Potensi Wisata Di Grobogan Punya Daya Tarik

Potensi wisata di Kabupaten Grobogan sebenarnya punya daya tarik tinggi. Hal itu disampaikan langsung oleh Wisnu, asisten deputi Kementerian Pariwsata RI. Pernyataan tersebut langsung diungkapkannya dalam pertemuan dengan penggiat pariwisata Grobogan di tempat wisata Api Abadi Mrapen, Jumat (23/2).

Potensi Wisata Kab Grobogan

Dalam pertemuan tersebut, puluhan pelaku wisata berkumpul dalam rangka membangun daya tarik wisata bagi wisatawan. Hal itu dipertegas dengan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona yang merupakan program Kementerian Pariwisata RI ini.

Wisnu menambahkan jumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Grobogan ini cukup banyak. Beberapa diantaranya merupakan tempat wisata bersejarah dimana merupakan peninggalan masa lampau seperti bledug kuwu, api abadi mrapen, hutan cindelaras, air terjun widuri, goa lawa, jatipohon, dan berbagai tempat wisata lainnya.

Potensi Obyek Wisata Kab Grobogan

Pernyataan itu juga dibenarkan langsung oleh Kadispora Karsono MPd, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut Karsono, infrastruktur jalan saat ini juga sudah mendukung perkembangan wisata di Kabupaten Grobogan. “Dulu kondisi jalan masuk ke Kabupaten Grobogan, baik dari utara maupun selatan, timur atau barat tidak baik. Namun sekarang kondisi jalan di Kabupaten Grobogan ini sudah baik dan akses menuju ke berbagai tempat wisata juga sudah mulus,” papar mantan Kadinas Pendidikan Grobogan ini.

 

Ditambahkan juga, potensi wisata religi juga turut memberikan kontribusi dalam penggiatan pariwisata seperti Gua Maria Sendang Jati (GMSJ) yang ada di desa Penadaran, Gubug serta makam Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub di Tawangharjo. Selain itu upacara sakral seperti panen raya palawija, serta panen air yakni air hujan bisa diolah menjadi air mineral siap minum.

Tak hanya itu saja, wisata budaya juga dihadirkan di Kabupaten Grobogan ini antaralain, laku pasrah batin di berbagai tempat wisata seperti goa Lawa, gua Macan, air terjun Gulingan, Jatipohon dan Cindelaras.

“Tempat wisata di Kabupaten Grobogan ini banyak jumlahnya, meskipun belum seluruhnya terkenal. Namun dengan adanya kegiatan ini, tentu saja memberikan semangat baru bagi kami penggiat wisata Grobogan untuk mempromosikan wisata daerah kami ini,” jelasnya.

Potensi Obyek Wisata Kab Grobogan

Sementara itu, kades Banjarejo, Ahmad Taufik yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, penemuan fosil di sekitar desa yang dipimpinnya merupakan potensi wisata sejarah yang adiluhung. Dengan adanya penemuan fosil ini, desa Banjarejo berani memamerkan diri sebagai desa wisata di bidang pendidikan.

Baca :

Inilah Bentuk Gajah Purba Stegodon Yang Fosilnya Ditemukan Di Banjarejo – Grobogan

8 Tempat Wisata Di Purwodadi Grobogan Yang Wajib Anda Kunjungi

Dengan dana Rp 400 juta, pemdes Banjarejo telah membangun museum fosil. Taufik juga meminta dukungan agar desa Banjarejo sebagai usulan prioritas wisata di Kabupaten Grobogan ini.

Potensi Obyek Wisata Kab Grobogan

Sementara itu anggota DPR RI komisi X Djoko Udjianto mengatakan, para raja-raja Mataram mayoritas berasal dari Kabupaten Grobogan dan peninggalan sejarah jaman kerajaan tersebut ditemukan di daerah ini. Untuk itu, anggota legislatif dari Grobogan ini mengharapkan agar pembangunan wisata di Kabupaten Grobogan dibuat semenarik mungkin dan didukung sarana dan prasarana yang baik pula.

“Semua daya tarik bisa berkembang karena ada aktivitas dan fasilitas pendukung. Itu secara langsung bisa menambah devisa negara. Perlu diketahui, Grobogan ini daerah tertua ksrena di sinilah asal usul Kerajaan Mataram. Tempat berkumpulnya orang-orang pintar. Ini merupakan karunia yang luar biasa. Sebagai contoh, api abadi Mrapen ini dijadikan simbol olahraga yakni untuk penyalaan api PON, kemudian bisa jadi simbol religius juga seperti penyalaan obor saat upacara Waisak untuk agama Budha. Juga bisa dikatakan sebagai wisata alam. Karenanya, perlu dikemas lebih baik lagi agar punya nilai jual yang tinggi,” pungkas pria dari fraksi Demokrat ini. (Hana)

Berita Populer:

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru