oleh

Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana

-SOSIAL-467 views

Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana Untuk Korban Longsor Brebes

Jalanan di perempatan ex-PUK, Sabtu (25/2) tidak seperti biasanya. Beberapa anak muda berseragam hijau tua membawa kardus dan berjalan dari satu pengendara ke pengendara lain. Mereka bukan untuk mengemis hari itu. Melainkan mengajak para pengendara menggalang dana untuk korban tanah longsor di Brebes. Mereka ini tergabung dalam Komunitas Rumah Berdaya.

Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana
Para penggendara antusias dengan kegiatan ini

Dikatakan Kang Dono, sapaan akrab sang ketua, penggalangan dana ini dilakukan untuk meringankan saudara-saudara yang tertimpa musibah di Brebes. Semua yang dilakukan komunitas ini serba tanggap terhadap situasi. “Begitu kami dengar ada berita tanah longsor, anak-anak langsung bergerak,” tukas Kang Dono yang hari itu mendampingi para anggotanya.

Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana

Pria yang dikenal sebagai tokoh lingkungan ini mengatakan komunitasnya tidak terlalu mem-blow up semua kegiatannya. Meski demikian, apa yang dilakukan oleh anggotanya semata untuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. “Kita nggak pernah tahu berapa anggota kami. Mereka sering keluar masuk base camp kami di Jalan Krakatau, Purwodadi untuk melakukan sesuatu yang positif, seperti hari ini yang Anda semua lihat,” tambahnya.

Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana

Lintang, satu dari beberapa anggota komunitas ini mengatakan ia tidak menyesal masuk dalam komunitas ini. Menurutnya, apa yang dilakukan di Komunitas Rumah Berdaya ini mengajarkan banyak hal positif, terutama kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan. “Saya tahu anak muda saat ini memang banyak yang kurang peduli dengan sesama. Tetapi saya memilih bergabung di komunitas ini bersama teman-teman karena kegiatannya sangat positif. Keluarga saya support terus dengan apa yang saya lakukan saat ini, “katanya.

Semangat menolong sesama tidak hanya diperlihatkan oleh para anggota komunitas ini saja. Para pengemudi mobil atau motor yang tengah berhenti menunggu antrian traffic jam dengan sukarela menyumbangkan sebagian uangnya untuk korban tanah longsor. “Ini kegiatan yang patut kita apresiasi ya. Mereka langsung bergerak. Dan saya percaya penggalangan dana ini akan sampai ke sana,” papar Nabila, warga Jetis yang ikut mengapresiasi langkah cepat komunitas tersebut.

Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana
Kang Dono, sang ketua Komunitas Rumah Berdaya
Simpati Longsor Brebes, Komunitas Rumah Berdaya Galang Dana
Dana yang terkumpul langsung diserahkan pada para korban

Kang Dono mengatakan, jumlah dana yang berhasil digalang komunitasnya ini akan langsung diserahkan kepada korban bencana longsor di Brebes. “Kita punya jaringan yang luas untuk menyampaikan penggalangan dana ini ke sana. Dari dana yang terkumpul nanti, kami akan serahkan dalam bentuk apa yang dibutuhkan para korban di sana,” pungkas Kang Dono. (hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru