oleh

 Super Blue Blood Moon Terlihat Jelas Di Langit Grobogan

-PERISTIWA-839 views

Super Blue Blood Moon Juga Terlihat Di Langit Grobogan

Fenomena unik terjadi di penghujung bulan Januari 2018 ini. Tepat pada Rabu (31/01), masyarakat Indonesia kebagian melihat secara maksimal terjadinya  gerhana bulan total super blue blood moon. Tentu saja peristiwa ini menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia berbondong-bondong keluar rumah untuk melihat detik-detik peristiwa astronomi unik ini. Terutama di desa Pengkol, kecamatan Penawangan, kabupaten Grobogan.

Sejak pukul 17.51, langit cerah dan bayangan gerhana penumbra telah terlihat di langit. Menjelang pukul 18.45, masyarakat satu per satu mulai keluar rumah untuk melihat detik-detik gerhana, yang dimulai dengan gerhana parsial. Tepat pukul 18.48, bulan yang semula bulat kemerahan, perlahan tertutup oleh bumi. Sekitar pukul 20.30, bulan benar-benar tertutup oleh bumi inilah yang disebut puncak gerhana bulan total. Fenomena gerhana bulan total ini cukup lama yakni sekitar 40 menit. Meski waktunya panjang, mereka tetap bersabar hingga bulan benar-benar tertutup bumi secara total.

 Super Blue Blood Moon Terlihat Jelas Di Langit Grobogan

“Bagus banget ya. Saya sampai nggak mau ninggalin. Biasanya jam segini sudah tidur, tapi karena lihat berita soal gerhana bulan total, saya ajak anak istri melihat kejadian langka ini,” kata Parmin, warga setempat.

Gerhana bulan total kali ini dijuluki NASA sebagai fenomena super blue blood moon lantaran peristiwa ini menunjukkan tiga fenomena sekaligus. Yakni, supermoon, bluemoon, dan gerhana bulan. Fenomena langka ini terjadi karena matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis dan bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi dan hanya dapat terjadi dalam kurun waktu 100 tahun sekali.

Meski mengetahui gerhana bulan merupakan fenomena yang langka, masyarakat tak perlu takut lagi melihat peristiwa alam seperti ini setelah sebelumnya pernah ada berbagai mitos terkait gerhana bulan ini.

“Dulu sekali ada banyak mitos kalau sedang terjadi gerhana bulan atau matahari. Larangan seperti tidak boleh keluar rumah-lah kalau pas ada gerhana. Sekarang tidak perlu takut lagi karena kecanggihan teknologi semakin berkembang di Indonesia dan ini bisa jadi momen memperkenalkan kepada anak-anak tentang peristiwa langka seperti ini,” kata Iko, warga dusun Krajan, desa Pengkol, Penawangan ini.

 Super Blue Blood Moon Terlihat Jelas Di Langit Grobogan

Fenomena unik ini juga menjadi alasan Handoko, fotografer ternama di Grobogan mengabadikan momen ini. Bersama anaknya yang juga gemar fotografi, Sukma, mengabadikan tiap detik gerhana bulan total yang dari halaman rumahnya, jalan Kol. Sugiyono Purwodadi. Dengan kamera koleksinya, fenomena super blue blood moon ini berhasil diabadikan.

“Karena ini hal yang langka. Hanya 100 tahun sekali, jadi saya dan Sukma mengabadikannya. Ini momen yang harus menjadi kenangan untuk anak cucu kita nanti bahwa masyarakat Purwodadi juga pernah melihat fenomena super blue blood moon ini,” kata Han Yong, sapaan akrabnya. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Berita Terbaru