oleh

Arti Gambar Logo Tutwuri Handayani

Mengenal Arti Dari Gambar Logo Tutwuri Handayani, Ikon Pendidikan Indonesia

Kita semua pasti telah mengenal pahlawan nasional kita yang di kenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah salah satu pahlawan yang nasional yang bergerak dibidang pendidikan yang mana hari lahir beliau ini diperingati sebagai hari pendidikan nasional hingga saat sekarang ini. Inspirasi dan arti dari gambar logo Tutwuri Handayani diambil dari sejarah perjuangan Ki Hajar sendiri dalam usahanya mencerdaskan bangsa.

Logo Kemendikbud (dulu P&K) tersebut berupa bidang segi lima yang berwarna biru muda, yang menggambarkan alam kehidupan pancasila. Didalam segi lima tersebut terdapat tulisan Tutwuri Handayani yang merupakan salah satu semboyan yang digunakan oleh Ki Hajar dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Tutwuwri Handayani merupakan satu dari tiga semboyan yang diterapkan oleh ki hajar dewantara.

Arti Gambar Logo Tutwuri Handayani

Pencantuman semboyan dan logo Tutwuri Handayani adalah sebagai penghormatan terhadap Ki Hajar Dewantara, karena kata Tutwuri Handayani berasal dari bahasa sansekerta yang artinya mendorong dari belakang. Sebagai motto dalam dunia pendidikan Indonesia, kata ini tidaklah muncul dengan sendirinya tetapi merupakan satu paket dengan duo motto lainnya yaitu “ing ngarso sung tulodho, dan ing madyo mangun karso”

Arti Logo Ikon Pendidikan Indonesia, Tutwuri Handayani

Arti dari tiga semboyan itu adalah ing ngarsa sung tuladha yang berarti di depan, seorang pendidik harus harus memberi teladan , “ing madyo mangun karso” artinya diantara murid, seorang guru harus menciptakan prakarsa atau ide, dan tutwuri handayani yang berarti di belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.
Seorang pemimpin harus memiliki ketiga poin tersebut untuk bisa tampil mengayomi rakyatnya. Jika falsafah kepemimpinan itu diterapkan dalam dunia pendidikan adalah bahwa seorang guru selain berperan sebagai pengajar dan pendidik, dia juga harus seorang pemimpin yaitu pemimpin bagi murid – muridnya yang akan mengikuti perintah , petunjuk serta larangan yang telah disepakati.

Didalam logo Tutwuri Handayani juga terdapat belencong menyala yang bermotif Garuda. Belencong menyala merupakan lampu yang khusus digunakan pada pertunjukan wayang kulit karena cahaya belencong membuat pertunjukan lebih hidup.

Arti Gambar Logo Tutwuri Handayani

Sedangkan burung Garuda yang menjadi motif belencong memberikan sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap Garuda di gambarkan masing – masing lima yang berarti satu kata dengan perbuatan Pancasila. Gambar buku yang terletak di bawah burung Garuda untuk menggambarkan bahwa buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci bersih tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran abadi. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam.

Itulah sedikit wawasan untuk menambah pengetahuan para pembaca dalam mengenal dan mengetahui arti gambar atau logo dari Tutwuri Handayani, ikon yang menjadi simbol pendidikan di Indonesia

Tentang Penulis: Endah Laela

Seorang yang suka dan senang dengan hal - hal menarik dan positif di sekitarnya untuk kemudian membagikan melalui artikel dan tulisan agar dapat bermanfaat bagi sesama manusia

Komentar

Post Terbaru