oleh

HUT Grobogan 292, Pemkab Adakan Kirab “Boyong Grobog”

Persiapan Untuk Boyong Grobog Sudah 90 Persen

Rangkaian perayaan HUT Grobogan ke 292, termasuk tradisi “Boyong Grobog”  telah dipersiapkan deengan baik oleh panitia. Untuk tahun ini panitia penyelenggara mempercayakan kepada Event Organizer “Sabdha Langit” sebagai pelaksana kegiatan dalam hari jadi kab Grobogan tersebut. Adalah Andreas Nugroho, sang pendiri EO mengatakan persiapan pelaksanaan upacara tradisi Boyong Grobog sudah lebih dari 90% siap.

“Sudah lebih dari 90 persen persiapannya. Besok hari Sabtu, kita akan langsung lakukan “eksekusi” dari start awal Kelurahan Grobogan menuju ke Pendopo Purwodadi. Dapat dikatakan semua telah siap,” papar Andreas pada hari ini, Kamis (1/3).

HUT Grobogan Adakan Kirab Boyong Grobog
CEO EO Sabdha Langit, Andreas Nugroho

Dikatakan lebih lanjut oleh Andreas, persiapan telah dituntaskan dengan rapat teknis yang melibatkan semua peserta acara Boyong Grobog tersebut. Pemuda Asli Purwodadi yang aktif di organisasi kepemudaan ini lebih lanjut juga menambahkan, upacara tradisi Boyong Grobog yang akan dilaksanakan pada Sabtu pagi itu masih sama dan hampir tidak ada perbedaan tema dari tahun sebelumnya yaitu dengan melakukan kirab.

“Kirab Boyong Grobog ini masih sama dengan tahun – tahun sebelumnya. Tetapi kami dan tim telah bekerja ekstra keras untuk dapat menyukseskan acara ini,” tutur Andreas.

Menurut rencananya, rangkaian upacara kirab Boyong Grobog ini akan dilakukan pada hari Sabtu besok (3/3) dimulai pada pukul 07.00 WIB. Yang mana didalam Pendopo Kabupaten akan menggelar sajian kesenian Karawitan untuk menyambut para peserta Boyong Grobog dan warga Grobogan yang hadir. Sekitar pukul 09.00 WIB, seluruh rombongan Bupati Grobogan akan berangkat menuju kelurahan Grobogan. Kemudian akan diilanjutkan hingga pukul 10.30 WIB, tradisi kirab Boyong Grobog akan mulai bergerak dengan rute mulai dari Kelurahan Grobogan, perempatan Laris dan berakhir di Pendopo Kabupaten.

HUT Grobogan Adakan Kirab Boyong Grobog
Boyong Grobog Pada Perayaan HUT Grobogan 291, Tahun Lalu

Tradisi kirab Boyong Grobog ini sendiri akan diikuti oleh ratusan peserta, diantaranya sekitar 50 prajurit kerajaan dari Keraton Surakarta, grup Marching Band dan juga para siswa SMAN 1 Grobogan yang menjadi Prajurit dan Putri Sekar Kedaton, kemudian peserta lainnya.

Masih sama dengan tahun – tahun sebelumnya, pada sudut pintu kanan dan kiri masuk pendopo telah disiapkan gunungan yang berisi berbagai macam hasil pertanian. Kemudian nanti akan diilanjutkan acara hajatan oleh Bupati Grobogan dengan memotong tumpeng dan “Ingkung ayam” serta “wilujengan bumi pepali”. Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan acara kirap Boyong Grobog dalam memperingati HUT Kabupaten Grobogan yang ke 292 ini akan berlangsung meriah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru