oleh

Macam Macam Alat Musik Gesek

-PENDIDIKAN-2.177 views

Mengenal Macam Macam Alat  Musik  Gesek Yang Dikenal Umum

Dalam pendidikan kesenian musik, terdapat banyak cara dan metode untuk memainkan berbagai macam alat musik, contohnya dipukul, ditiup, digesek hingga dimainkan dengan cara dipetik.  Dari sekian banyak cara untuk memainkan alat musik tersebut, yang  biasanya bisa mengeluarkan suara yang indah adalah alat musik  yang dimainkan dengan cara digesek atau lebih dikenal dengan Alat  Musik  Gesek.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

Berikut ini, kami akan mencoba mengumpulkan dan mengelompokan tentang alat musik gesek yang telah dikenal secara umum sebagai pengetahuan kita bersama. Tanpa banyak kata pengantar lagi, kita dapat langsung membaca macam – macam alat musik gesek dibawah :

Jenis dan Macam Alat  Musik  Gesek Yang Dikenal

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

BIOLA

Biola adalah alat musik yang sudah biasa di mainkan dalam sebuah pagelaran musik, baik pagelaran musik , baik orkestra, pop, jazz maupun musik melayu. Biola memliki empat senar yang mempunyai interval nada yang sama saat digesek. Pemain biola dikenal sebagai violinis dan kebanyakan pemain biola adalah perempuan.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

VIOLA / Violin

Namanya hampir sama dengan biola, bentuknya pun juga hampir sama tetapi memiliki bentuk yang lebih kecil dari biola. Ternyata viola masih termasuk dalam keluarga biola, tetapi viola ini menghasilkan suara dengan nada yang lebih rendah jika di bandingkan dengan biola.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

CONTRE BASS

Contre bass memiliki bentuk yang hampir sama dengan bipla tetapi memiliki bentuk yang jauh  lebih besar dari pada biola. Biasanya contre dimainkan saat pertunjukan jazz, country, bluegrass, orkestra dan rockabilly. Contre bass menghasilkan nada yang rendah saat dimainkan. Selain digesek contre bass  kadang kala juga dipetik saat memainkannya.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

CELLO

Satu lagi  alat musik gesek yang masih termasuk dalam keluarga biola yaitu violoncello atau lebih di kenal dengan nama cello. Cello ini bentuknya lebih besar dari pada biola tetapi lebih kecil dari pada doublebass.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

REBAB

Rebab adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya  dengan cara digesek. Rebab berasal dari daerah jazirah arab.  Rebab biasanya ada dalam pagelaran musik di betawi dan biasanya juga sering di mainkan bersama gambang kromong.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

TARAWANGSA 

Tawangsa merupakan alat musik tradisional dari daerah jawa barat yang mempunyai dua dawai yang biasanya dibuat dari kawatbesi atau baja. Cara memainkan alat ini adalah dengan menggosokkan senar yang ada di busur ke dawai tawangsa.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

TEHYAN

Tehyan adalah alat musik tradisional yang berasal dari jakarta yang biasanya digunakan saat pagelaran  hiburan rakyat.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

ARABABU

Arababu merupakan alat musik gesek tradisional yang berasal dari daerah maluku. Alat musik tradisional  gesek  satu dawai ini memiliki pegangan kuat yang bahannya dari bambu dan sebuah tabung resonansi  untuk memperkuat suara yang dibuat dari tempurung kelapa.

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

HAEGEUM

Alat musik gesek dari negeri ginseng ini merupakan alat jenis rebab adaptasi. Bentuk haegeum mengadaptasi bentuk rebab cina. Haegeum memiliki dua buah dawai, dua dawai tersebut di  gesek dengan busur.Uniknya haegeum ini  bentuknya agak mungil dan saat dimainkan maka alat musik ini dipangku orang yang memainkan alat ini.

 

Macam Macam Alat  Musik  Gesek

ERHU

Alat musik gesek dari tiongkok ini sangat populer  dikalangan rakaya etnis minoritas  di daerah barat laut dari tiongkok.  ERHU selalu di gunakan pada pagelaran kesenian opera tradisional  di Tongkok.

Itulah beberapa jenis dan macam nama alat musik gesek dari berbagai daerah didunia yang telah dikenal, semoga menambah pengetahuan kita bersama. Dan apabila anda mengetahui tentang jenis alat musik gesek yang lain yang namanya kebetulan belum kami sebutkan, maka dapat langsung melayangkan komentar dibawah postingan ini

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru