oleh

Mengenal Pakaian Adat Tradisional Jawa Barat

Mengenal Pakaian Adat Tradisional Masyarakat Jawa Barat

Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan sumber dayanya yang luar biasa, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang beraneka ragam. Kekayaan budayanya adalah rumaha adat, pakaian adat , tari tradisional yang beraneka ragam. Tiap – tiap daerah memiliki ciri khasnya yang sangat unik sesuai dengan kebudayaan di daerahnya masing. Bangsa Indonesia sangat terkenal santun dalam bersikap dan dalam bertutur kata.

Bangsa Indonesia menjunjung tinggi kehormatan bangsanya dengan bersikap santun dan ramah terhadap siapapun, baik terhadap sesamanya maupun terhadap wisatawan manca negara yang datang ke Indonesia. Selain bersikap dan bertutur kata, bangsa Indonesia juga sangat terkenal santun dalam berbusana sebagai ciri khas budaya timur. Oleh sebab itu di setiap daerah di Indonesia memliki busana tradisional khusus atau pakaian adat yang sangat banyak ragamnya yang menjadi ciri khas setiap daerah.

Pada kali ini kami akan mengulas sedikit tentang busana khusus adat tradisional daerah Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan Sunda. Untuk daerah sunda busana adatnya dikelompokkan berdasarkan strata sosial dimasyarakat .
Bagi rakyat biasa busananya sangatlah sederhana, bagi laki laki biasanya memakai celadengan na engan ukuran longgar dan besar yang biasa disebut eana komprang atau juga dinamakan pangsi. Kemudian untuk bajunya dinamakan baju salontreng.

Pakaian Adat Tradisional Jawa Barat

Sepasang busana ini oleh masyarakat sunda biasanya hanya disebut dengan sebutan pangsi saja. Adapun untuk kaum perempuannya memakai pakaian batik yang panjang yang disebut sarng kebat atau oleh masyarakat sunda dinamakan Sinjang Bundel sebagai bawahannya yang di lengkapi dengan ikat pinggang yang disebut beubeur. Untuk atasanya memakai kebaya yang dilengkapi dengan selendang batik.

Lain halnya dengan busana adat yang dikenakan oleh kaum menengah , untuk kaum laki – laki memakai pakaian yang berwarna putih seperti jas yang disebut dengan baju bedahan. Untuk bawahannya memakai kain kebat yang dilengkapi dengan ikat pinggang. Sedt ngkan untuk kaum perempuannya biasanya memakai pakaian kebaya yang beraneka warna. Bawahannya juga memakai kain kebat yang dilengkapi juga dengan ikat pinggang.

Bagi kaum bangsawan busana yang dipakai kaum laki – laki adalah terdiri dari jas yang terbuat dari bludru hitam yang telah disulam dengan benan emas pada bagian ujung lengannya. Untuk bawahannya adalah celana panjang dengan bahan yang sama dengan bahan jas dan dilengkapi dengan sabuk emas.

Pakaian Adat Tradisional Jawa Barat

Sedangkan untuk kaum perempuan dari golongan kaum bangsawan ini, busana adat yang diguanakan adalah kebaya dengan bahan beludru hitam sebagaimana yang digunakan kaum laki – laki, dengan tambahan sulama mute atau manik – manik. Untuk bawahannya kaum perempuan dari kaum bangsawan ini memakai kain kebat dengan motif rereng. Demikian sedikit ulasan tentang busana khusus adat tradisional yang ada di daerah sunda , semoga dengan membaca tulisan ini wawasan kita menjadi bertambah.

Berita Populer:

Tentang Penulis: Endah Laela

Seorang yang suka dan senang dengan hal - hal menarik dan positif di sekitarnya untuk kemudian membagikan melalui artikel dan tulisan agar dapat bermanfaat bagi sesama manusia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru