oleh

Paguyuban Ringinpitu Bersatu Urunan Untuk Pertegas Batas Desa

Paguyuban Ringinpitu Bersatu Urunan Untuk Pertegas Batas Desa Dengan Membangun Gapura

GROBOGANNEWS- Tinggal di luar tanah kelahiran atau lebih sering disebut dengan ungkapan merantau, bukan murni keinginan pribadi. Namun, dorongan ekonomi dan alasan ketersediaan lapangan kerja bahkan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, tidak jarang menjadi alasan orang berani meninggalkan tanah kelahiran.

“Biarpun hidup merantau hingga ratusan kilometer, namun PRB (Paguyuban Ringinpitu Bersatu) tetap ingat tanah kelahiran. Mereka tidak lantas lupa atau disebut tumbu lali tutup,” kata Sobirin koordinator kepemudaan PRB yang merantau di Jakarta sejak usia belasan tahun.

Kepedulian, salah satunya dilakukan dengan tetap sumbang saran kepada desa. Informasi dan pengetahuan yang didapat selama merantau diberikan untuk pembangunan desa.

“Bidang fisik, sekitar 300 jiwa PRB yang tinggal di Jabotabek secara sukarela menyisihkan pendapatan untuk membangun gapura batas desa. Dari anggota PRB terkumpul dana sekitar Rp 54 juta dan jadi gapura,” kata Sobirin menjelaskan. Tidak saja yang di perantauan, namun pembuatan tanda batas desa juga melibatkan pemuda yang masih tinggal di desa.

“Dana itu tidak cukup membuat gapura dengan tinggi 8 meter dan membentang 7 meter melintang jalan. Solusinya kerja jurnal atau bahas umumnya kerjabakti warga. Gapura murni swadaya warga tanpa ada bantuan dari Alokasi Dana Desa,” katanya menambahkan.

Tidak saja gapura, kata Heru sesepuh PRB keterlibatan warga perantauan dalam membangun desa juga dilakukan pada pembangunan tempat ibadah dan jalan kampung.

“Pembangunan sudah ada sejak 3 tahun lalu. Ini bentuk kecintaan kami yang ada diperantauan kepada desa tempat kami dilahirkan dan dibesarkan,” kata Heru.

Keterlibatan warga dalam pembangunan desa oleh warga yang ada diperantauan mendapat tanggapan positif Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto.

“Pemerintah Kabupaten Grobogan mengapresiasi atas kecintaan warga Ringinpintu perantauan terhadap desa,” katanya. Kemauan PRB membangun desa, menjadi aplikasi dari kecintaan terhadap desa. “Keterlibatan warga Ringinpintu kecamatan Tenggungharjo dalam keterlibatan membangun desa, menjadi inspirasi desa lain. Warga yang berhasil di daerah lain tetap mendukung pembangunan di desa pada khususnya dan Kabupaten Grobogan pada umumnya,” tambah Agus berharap kepedulian terhadap desa membuat kelancaran rejeki dalam usaha yang dijalani. (Ag)

 

Caption Foto :

Bangun gapura : Sejumlah pekerja membangun gapura batas desa Ringinpitu dan Desa Tanggungharjo. Foto :  Agung

Tentang Penulis: Reporter Grobogan

Gambar Gravatar
Wartawan Grobogannnews yang kredibel, ulet serta berani untuk bersuara

Komentar

Post Terbaru