oleh

Pilkades Serentak Kabupaten Grobogan 2018

Sosialisasi Pilkades Serentak Kabupaten Grobogan Dilaksanakan Mei Nanti

Berdasarkan Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa telah ditetapkan di berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk di wilayah Kabupaten Grobogan. Rencananya, pada bulan November 2018 nanti, pilkades serentak tahap I akan dilaksanakan di 222 desa. Sementara tahap II akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019.

Pilkades serentak ini merupakan aturan dari pusat dan UU No 6 tSahun 2014 tentang desa. UU ini menjadi acuan dasar dalam kegiatan tersebut. Hal itu diungkapkan langsung oleh Daru Wisakti, Kabag Pemerintahan Desa kepada wartawan, Selasa (4/4/2018).

“Pada Mei 2018 nanti kami akan adakan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak. Mulai dari membentuk panitia juga proses pengumumannya,” kata Daru.

Dikatakan Daru, sapaan akrabnya, pilkades tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terkait perubahan UU desa tentang pemilihan kepala desa yang telah ditetapkan dalam Permendagri No 65 tahun 2017 atas perubahan Permendagri No 112 tahun 2014. Dari 13 poin persyaratan kepala desa yang ditetapkan pada Permendagri sebelumnya, poin (g) dalam Permendagri No 65 tahun 2017 ini dihapus, yakni tentang asal wilayah calon kepala desa.

“Kalau dulu para calon kades berasal dari lingkungan desa tempat tinggalnya. Pada aturan yang ini akan calon kades bisa diikuti seluruh Warga Negara Indonesia. Misalnya, orang Semarang mau ikut nyalon Kades di Godong. Meskipun aturan ini pernah digugat, kita mengikuti putusan MK yang memperbolehkan seluruh calon kades ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia,” kata Daru.

Persyaratan mutlak yang dilakukan para calon Kades ini adalah lolos ujian tertulis. “Ujian tertulis ini dilakukan untuk menguji apakah orang ini layak atau tidak jadi calon kades,” ungkap Daru.

Ditambahkan Daru, maksimal calon kades ini berjumlah lima orang. Saat ini aturan tersebut sedang dalam proses penetapan Perda. Meski demikian, pihaknya bersama Dinas Permasyarakatan Desa (Dispermades) Grobogan dalam proses mempersiapkan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan November 2018 nanti.

“Pilkades ini harus dilaksanakan satu hari dan serentak di seluruh desa. Karena itu, kerawanannya memang tinggi. Meskipun tinggi, peran Polri, TNI dan Satpol PP disiapkan untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.” pungkas Daru.

 

Berita Populer:

Tentang Penulis: Reporter Grobogan

Gambar Gravatar
Wartawan Grobogannnews yang kredibel, ulet serta berani untuk bersuara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru