oleh

Revitalisasi Dua Ikon Kota Purwodadi

Revitalisasi Simpang Lima Dan Taman Hijau Kota Purwodadi

Ikon Kota Purwodadi yakni Simpang Lima akan direvitalisasi tidak hanya dalam wujud penataan saja. Melainkan akan dikoneksikan langsung dengan Taman Hijau Kota. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nugroho Agus Prawoto. Nugroho mengatakan penyambungan Simpang Lima dengan Taman Hijau Kota tersebut telah direncanakan dengan pembuatan taman baru di antara keduanya. Lokasinya berada di depan Kantor DLH Grobogan yang juga dekat dengan Taman Kota.

Revitalisasi Simpang Lima Dan Taman Hijau Kota Purwodadi

”Lokasinya ada di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Perkiraan awal, pembangunan taman tersebut dengan dana sebesar Rp 5,40 miliar,” kata Agus Prastowo, Kamis (12/4/2018) kemarin.

Rencananya, taman tersebut akan dilengkapi dengan lapak untuk PKL pindahan dari R. Suprapto, Simpang Lima, dan jalan dr. Soetomo Purwodadi. Selain itu juga dilengkapi parkir area untuk Taman Hijau Kota dan Simpang Lima Purwodadi.

Sementara, pembiayaan untuk pembuatan lapak bagi para PKL dianggarkan melalui bantuan dana Kementerian Koperasi RI sekitarRp 500 juta.

Persiapan pembuatan taman baru itu sudah siap dengan pemasangan paving. Meski demikian, akses ke lokasi tersebut juga dibutuhkan perbaikan maksimal. Berdasarkan pantauan di lapangan, jalan masuk menuju lokasi tersebut meski sudah dicor dan dipaving masih ada gelombang dan terlihat rusak.

”Supaya pedagang dapat menarik pengunjung, maka di taman itu nanti juga akan dipersiapkan panggung hiburan rakyat. Konsep tempat parkir dibuat dengan suasana hutan, dan akan ada lapak PKL-nya juga,” terang Nugroho.

Ditambahkan pula, detail desain teknis dari taman tersebut sudah dibuat dan dalam waktu dekat, proyek ini diserahkan ke ULP untuk dilelangkan. “Jika tidak ada hambatan, pembuatan taman ini akan selesai akhir Desember nanti,” ungkap Nugroho.

Tentang nama taman baru ini, Nugroho menyatakan belum ada penetapan. Namun, pihaknya sudah mengusulkan nama yakni taman Revolusi Mental. “Kalau tidak ada sanggahan, akhir Desember taman ini sudah jadi bersamaan dengan revitalisasi taman Simpang Lima Purwodadi,” pungkasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru