oleh

5 Manfaat Pare Di Balik Rasa Pahitnya

-TIPS-421 views

Kebanyakan dari kita mengenal sayuran pare sebagai sayur yang memiliki rasa pahit dan tidak enak. Namun jangan salah sangka, bahwa sebenarnya sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan yang terdapat dalam sayuran pare diantaranya, asam folat, vitamin A, C, B1, B12 dan E, mineral, zat besi, fosfor, dan serat. Dari beberapa kandungan tersebut berikut ini akan dijelaskan manfaat apa saja yang terdapat di sayuran pare.

5 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari Pare ini antara lain:

  1. Membantu penderita diabetes

Salah satu anjuran bagi penderita diabetes adalah menjaga kadar gula darah nya. Nah, sayuran pare adalah sayuran yang paling ampuh untuk menjaga kadar gula darah penderita diabetes. Sebab sayuran ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu sayuran pare juga dapat membantu mengatur penggunaan gula dalam metabolisme tubuh yang diperoleh dari makanan. Namun dalam mengkonsumsi sayuran pare bagi penderita diabetes dilarang mengkonsumsi bersamaan dengan obat diabetes.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang akan merencanakan program diet, mengkonsumsi sayuran pare adalah salah satu rekomendasi yang tepat untuk anda. Mengapa demikian? Sebab sayuran pare ini memiliki jumlah kalori yang sangat sedikit yang membuat anda cepat merasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Selain itu, sayuran pare juga mengandung antioksidan yang mampu mempercepat metabolisme tubuh.

  1. Melancarkan pencernaan

Dalam sayuran pare ini memiliki kandungan serat alami yang cukup banyak. Sehingga sangat baik untuk pencernaan dan dapat melancarkan buang air besar.

  1. Mencegah kanker

Sayuran pare yang terkenal pahit ini ternyata juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya kanker dan menghancurkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh. Dari berbagai penelitian pun juga menunjukkan manfaat pare yang dapat mencegah dan mengurangi tumor dan kanker ganas.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat dari sayuran pare adalah mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga apabila di dalam tubuh kita terbebas dari kolesterol jahat maka peredaran darah menuju ke jantung kana tetap stabil dan lancar. Sehingga jantung akan tetap sehat.

Namun selain dari banyaknya manfaat dari sayuran pare, mengkonsumsi sayuran ini dalam jumlah banyak juga akan menyebabkan diare. Selain itu, bagi wanita hamil, wanita menstruasi dan orang yang akan atau baru melakukan operasi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi sayuran pare.

Demikian artikel tentang manfaat pare bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Komentar

Post Terbaru