oleh

Aksi Solidaritas Lilin NKRI

-PERISTIWA-374 views

Indonesia Pusaka Dalam Aksi Solidaritas Lilin NKRI

 PURWODADI – grobogannews.com-Suasana Alun-alun Purwodadi, Rabu (16/5/2018) malam terasa berbeda. Ratusan lilin ditata hingga membentuk kalimat NKRI Harga Mati menjadi fokus ratusan masyarakat lintas agama di Kabupaten Grobogan. Mereka ikut terlibat dalam aksi solidaritas kepada para korban bom di Kota Surabaya, beberapa waktu lalu. Aksi ini diadakan dengan bentuk penyalaan lilin dan doa bersama menurut keyakinannya masing-masing.

 Aksi Solidaritas Lilin NKRI  Masyarakat Grobogan

Acara ini dihadiri oleh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Grobogan, seperti LCKI bekerjasama dengan KAMMI Pemuda Katolik (Mudika) Hati Kudus Yesus, Kompa GKJ Purwodadi, GP Ansor, Lindu Aji, FKUB, Garas dan Bonek serta masyarakat setempat. Dimulai pukul 21.00, aksi ini dipimpin oleh Ulil Huda. Terlebih dulu, Ulil mengajak seluruh masyarakat untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Disusul dengan penyalaan lilin serentak. Ulil mengajak para hadirin untuk merenung selama lima menit tentang berbagai kejadian yang terjadi dua pekan ini, dimulai dengan tragedi penyerangan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, kemudian berlanjut pada insiden bom bunuh diri di tiga gereja dan beberapa lokasi di Kota Surabaya. Dan terakhir tragedi penyerangan Mapolresta Riau yang menyebabkan seorang polisi tewas akibat serangan pelaku teror tersebut.

“Kita bersama-sama berkumpul di sini sebagai bentuk keprihatinan kita terhadap peristiwa penyerangan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, bom bunuh diri di tiga gereja dan beberapa lokasi di Kota Surabaya, serta baru saja terjadi penyerangan oleh kelompok terorisme di Mapolresta Riau. Saya minta kesediaan para hadirin di sini untuk merenung lima menit saja tanpa suara, tanpa ada yang bicara. Setelah itu kita berdoa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing,” ajak Ulil.

Dalam kesempatan itu, perwakilan Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Grobogan, Giyanto menyampaikan pernyataan sikap mengenai gerakan terorisme yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. “Gerakan ini sangat bertentangan dengan ajaran agama apapun yang ada di dunia. NKRI Berdiri dari hasil perjuangan para pejuang yang terdiri dari seluruh suku, agama, dan ras yang ada di Indonesia. Ini bukti bahwa NKRI tidak hanya milik satu golongan saja tetapi milik seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang suku, agama maupun ras. Melihat fenomena itu, kami menyatakan NKRI Harga Mati. Pancasila sebagai dasar negara Harga Mati. Mengutuk tindakan pelaku bom bunuh diri, bersama TNI dan Polri siap melawan terorisme. Melibatkan seluruh rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI serta meningkatkan kewaspadaan keberadaan orang asing di lingkungan masing-masing,” ujar Giyanto.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari para hadirin serta masyarakat yang kebetulan berada di tempat tersebut. Meilia Finar, perwakilan pemuda Kristen, mengatakan, aksi ini memiliki hal yang positif. “Saya sangat setuju dengan aksi solidaritas kemarin dan mensupport setiap kegiatan lintas iman seperti ini karena dengan aksi ini dapat menguatkan relasi antarumat beragama,” ungkap Meilia, sapaan akrabnya.

Seperti yang lain, Meilia mengharapkan pascaterjadinya berbagai kejadian di Depok, Surabaya dan Riau juga serangan teroris di Jakarta, masyarakat Indonesia agar lebih dapat meredamkan rasa egois dan dapat bersatu dengan bergandengan tangan tanpa meandang SARA untuk bersama-sama melawan radikalisme dan terorisme. Yang lebih penting lagi, saya memandang seluruh pemuka agama baik jika tidak mengajarkan paham agama yang secara eksklusif, tetapi bersifat terbuka dan sering melakukan sharing dengan selluruh masyarakat. Dialog lintas iman juga perlu dilakukan terutama kepada para pemuda karena mereka adalah generasi muda yang akan meneruskan perjuangan pahlawan. NKRI Harga Mati!” kata Meilia.

Acara ini ditutup dengan lagu “Bagimu Negeri” dan “Indonesia Pusaka” dan dinyanyikan bersama-sama. Suasana semakin hangat setelah mereka saling bersalaman dan berdialog satu sama lain. (Hana)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru