oleh

Antisipasi Teror, Polres Grobogan Siaga

-PERISTIWA-428 views

Antisipasi Teror, Polres Grobogan Siagakan Personilnya Sampai Waktu Tak Terbatas

PURWODADI. grobogannews.com– Belum lepas ingatan kita tentang pemberontakan teroris di Mako Brimob Kelapa Dua Depok beberapa waktu lalu, Minggu (13/5/2018) pagi di kawasan Ngagel, Kota Surabaya, dikejutkan adanya ledakan bom. Ledakan bom terjadi sekitar pukul 07.30 di tiga gereja ternama, yakni GKI Diponegoro, Gereja St Maria Tak Bercela, dan Gereja Pentakosta di kawasan tersebut.

Akibat kejadian tersebut, pihak kepolisian dari berbagai daerah mengadakan pengamanan ekstraketat di berbagai tempat ibadah. Seperti di Kabupaten Grobogan. Setelah terjadi insiden ledakan tersebut, Kapolres Grobogan Choiron El Atiq memerintahkan kepada para personilnya untuk melakukan pengamanan di sejumlah gereja yang di Kabupaten Grobogan.

Polres Grobogan Siaga

Pengamanan dan penyisiran tersebut dipimpin langsung Wakapolres Grobogan, Kompol I Wayan Tudy Subawa. Sejumlah gereja seperti di GKI Purwodadi, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, GKJ Purwodadi dan GPdI Purwodadi tidak terlepas dari penyisiran. Para personil serta anjing pelacak dikerahkan dalam penyisiran tersebut. Hal ini merupakan tindakan cepat Polres Grobogan untuk mengantisipasi terjadinya ancaman teror susulan.

Berbagai sudut ruangan dalam gereja diperiksa melalui anjing pelacak yang didatangkan langsung dari unit K9 Sat Sabhara dan metal detector yang biasa dipergunakan untuk mendeteksi logam berbahaya. Kemudian, berlanjut di pelataran gereja dan tempat parkir.

Dari hasil penyisiran tersebut tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kapolres melalui Wakapolres Kompol I Wayan Tudy Subawa. Setelah dipastikan steril, Polres Grobogan langsung menempatkan personil bersenjata laras panjang dan bersiaga di masing-masing gereja sampai akhir waktu yang ditentukan.

“Pagi ini kami kerahkan polisi bersenjata laras panjang dari Sat Sabhara untuk mengamankan sejumlah gereja yang ada di kabupaten Grobogan. Sebelum dijaga ketat, terlebih dulu kami dari Polres Grobogan melakukan penyisiran di setiap gereja yang ada di kabupaten Grobogan. Untuk di wilayah kota Purwodadi, pengamanan dilakukan oleh Polres Grobogan. Sedangkan di wilayah kecamatan pengamanan dilakukan oleh masing-masing Polsek yang juga melibatkan anjing pelacak,” ungkap Wakapolres Kompol I Wayan Tudy Subawa.

Lanjut Kompol Wayan, pengamanan ini juga ditujukan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani di Kabupaten Grobogan agar dalam menjalankan ibadahnya berjalan lancer. “Pengamanan kita pertebal di gereja-gereja guna member kenyamanan bagi umat Kristiani dalam menjalankan ibadahnya. Sebenarnya setiap hari para anggota kepolisian berjaga-jaga di tempat yang rawan adanya aksi terror. Namun, untuk kali ini pengamanan ditingkatkan guna menghindari terror susulan,” ungkap Kompol Wayan.

Selain itu, pihaknya jug amelakukan peningkatan patroli di obyek vital lainnya selain di tempat ibadah. “Mobilitas anggota yang menggunakan mobil patroli kita tingkatkan ke tempat-tempat keramaian, yang terutama yakni tempat ibadah,” pungkas Kompol Wayan. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru