oleh

Habis 14 Milliar, Waduk Ini Tidak Berfungsi !

-SOSIAL-1.232 views

Tidak Bisa Difungsikan, Petani Tambirejo Geruduk Kantor Jaga Waduk Sanggeh

Puluhan petani desa Tambirejo kecamatan Toroh menggeruduk kantor jaga waduk Sanggeh, Senin (7/5/2018). Pasalnya, bendungan yang dibangun dengan dana Rp 14 Miliar ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Para petani meminta agar Balai Besar Waduk dan Sungai (BBWS) Pemali Juana segera melakukan perbaikan di bendungan yang ambles sepanjang 20 meter ini. Hal tersebut terlihat dari berbagai ungkapan para petani melalui pamflet yang dibawanya.

Habis 14 Milliar, Waduk Ini Tidak Berfungsi

“Sebelum dibangun, petani makmur. Waduk tak pernah kering. Ini belum memasuki musim kemarau waduk sudah kering. Sawah warga juga jadi kering,” ungkap Marni (70), seorang petani yang ikut aksi tersebut.

Diungkapkan Slamet, koordinator aksi tersebut, pembangunan bendungan ini menggunakan material tanah liat. Hal inilah yang membuat bendungan Sanggeh tidak berumur lama. “Bahkan amblas sampai 20 meter dengan kedalaman sampai satu meter karena air yang mengalir, tidak bisa ditahan dengan bendungan,” katanya.

Habis 14 Milliar, Waduk Ini Tidak Berfungsi

Slamet juga menambahkan, sekitar 50 hektare sawah terancam gagal panen akibat bendungan tidak ada airnya ini. Karena itu, ia dan semua warga berharap, BBWS Pemali Juwana segera membangun ulang bendungan tersebut. Selain itu, mereka berharap BBWS Pemali Juwana juga mengusut tuntas kontraktor nakal yang mengerjakan proyek tersebut. “Harus ada solusi untuk petani agar tidak gagal panen. Serta kontraktor nakal juga harus diperiksa,” ungkapnya.

Habis 14 Milliar, Waduk Ini Tidak Berfungsi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru