oleh

Inilah 6 Manfaat Kacang Hijau yang Wajib Diketahui

-TIPS-349 views

Kacang hijau, siapa yang tak kenal dengan bahan makanan ini. Di Indonesia biasanya kacang hijau ini di sajikan dalam berbagai menu olahan makanan yang beraneka ragam, mulai dari bubur kacang ijo, bakpia, takjil dan sebagainya. Nah, dari berbagai bentuk olahan makanan kacang hijau tersebut selain rasanya yang enak, ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Di dalam satu butir kacang hijau terdapat banyak sekali kandungan nutrisi,diantaranya : protein,vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, serat, mineral, asam folat, karbohidrat, kalsium dan masih banyak lagi. Nah, penasaran bukan? Apa saja manfaat yang akan kita peroleh dari mengkonsumsi makanan kacang hijau ini ? berikut dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa manfaat mengkonsumsi makanan kacang hijau.

6 Macam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kita peroleh saat mengkonsumsi makanan kacang hijau.

  1. Melancarkan pencernaan tubuh

Kacang hijau kaya akan kandungan serat. Kandungan serat tersebut sangat berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan dalam tubuh. Sehingga proses pencernaan bisa menjadi lancar.

  1. Menambah energi

Kandungan serat dan karbohidrat yang terdapat di dalam kacang hijau dapat berguna untuk menambah energi tubuh. Sehingga makanan kacang hijau ini sangat cocok digunakan untuk sarapan pagi sebagai penganti nasi.

  1. Kaya protein

Dengan kita mengkonsumsi makanan kacang hijau secara teratur, maka secara otomatis kebutuhan protein di dalam tubuh kita akan terpenuhi. Sebab, kacang hijau memiliki kandungan yang kaya akan sumber protein.

  1. Menurunkan berat badan

Kacang hijau memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan program diet. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan kacang hijau ini anda akan merasa tetap kenyang. Sebab kacang hijau ini mempunyai sifat mengenyangkan dan menunda rasa lapar.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Sehingga kulit akan tetap terjaga kesehatan nya.

  1. Mengobati dan mencegah anemia

Di dalam kacang hijau terdapat kandungan zat besi yang berguna sebagai pembentuk sel-sel darah merah. Sehingga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah anemia

Dalam mengkonsumsi kacang hijau yang terpenting adalah cara memasaknya yang harus benar agar semua kandungan nutrisi yang ada di dalam kacang hijau tidak hilang. Disarankan dalam perebusan kacang hijau tidak perlu terlalu lama, agar kandungan nutrisi nya tidak hilang. Nah, semoga artikel tentang manfaat kacang hijau ini dapat berguna. Dan selamat mencoba !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru