oleh

Jadi murid SDN ini ujian USBN-nya 2 tahun sekali

-PENDIDIKAN-323 views

Hanya SD di Kabupaten Grobogan ini Yang Menyelenggarakan USBN 2 Tahun Sekali

Hal unik terjadi pada pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat SD/MI tahun 2018 ini. Tepatnya di Kabupaten Grobogan. Sebuah SD di desa Prigi, kecamatan Kedungjati, tidak ikut menyelenggarakan USBN pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan sekolah tersebut tidak mendidik murid kelas VI.

Adanya keunikan ini, Kepala Dinas Pendidikan, Amin Hidayat menyatakan, ujian nasional SD/MI tahun ini diikuti 22.774 siswa dengan jumlah SD/MI keseluruhan ada 885 sekolah.

“Dari 885 sekolahan ini, ada satu yang tidak menggelar ujian nasional yaitu SDN 03 Prigi di Kecamatan Kedungjati. Penyebabnya, sekolah tersebut tidak memiliki murid kelas VI. Selain itu, di sekolah ini juga tidak punya murid untuk kelas II dan IV,” kata Amin Hidayat.

Desa Prigi merupakan desa terpencil yang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Terletak di ujung barat daya wilayah Grobogan. Dari kota Purwodadi jaraknya kurang lebih 60 km dan aksesnya melewati kawasan hutan.

Menurut Amin, sekolah tersebut hanya punya murid untuk kelas I, III dan V. Jumlah murid keseluruhan di SDN 03 Prigi juga sedikit, yakni hanya 31 anak.

“Kondisi SDN 03 Prigi ini memang cukup unik dan hanya satu-satunya di Grobogan. Yakni, hanya memiliki murid kelas ganjil saja. Karena itu, SDN 3 Prigi ini tidak menyelenggarakan ujian nasional karena murid kelas VI kosong ,” jelasnya, Jumat (4/5/2018).

Amin menjelaskan, di area sekolah tersebut terdapat sebuah dusun yang jumlah penduduknya tidak terlalu banyak, seperti halnya dusun lain. Kondisi ini juga berdampak dengan minimnya anak usia SD pada satu angkatan.

Meski minim jumlah siswanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan tidak bisa melakukan penggabungan dengan sekolah lain. Misalnya dengan SDN 01 dan SDN 02.

“Lokasi SDN 03 Prigi dengan SDN 01 dan SDN 02 sangat berjauhan. Jika dipaksakan merger (penggabungan) dampaknya banyak orang tua tidak mau menyekolahkan anaknya. Jadi SDN 03 Prigi itu tidak akan kita merger. Seberapapun jumlah muridnya tetap kita berikan pelayanan maksimal supaya anak-anak disana tetap bersekolah,” jelasnya.

Berita Populer:

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru