oleh

Manfaat Jurnalistik Bagi Para Pelajar

-PENDIDIKAN-597 views

Kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilakukan Bagian Humas dan Keprotokolan Pemkab Grobogan banyak dirasakan manfaatnya oleh para peserta, yang utamanya pelajar SMA/MA/SMK se Kabupaten Grobogan. Selain mendapatkan ilmu baru dari pemateri, mereka juga makin mengerti dengan dunia pers.

Pelatihan tersebut dilangsungkan selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (2-3 Mei 2018). Bertempat di gedung Riptaloka, kompleks Setda Grobogan, para peserta diberikan ilmu tentang jurnalistik oleh para pemateri yang mayoritas para wartawan dari beberapa media.

“Pers yang saya tahu selama ini ternyata berbeda dengan kondisi sebenarnya. Saya baru tahu seluk beluk dunia pers dari pelatihan jurnalistik kali ini,” ungkap Bimo, salah seorang peserta pelatihan, Kamis (3/5/2018).

Dari pelatihan tersebut, peserta juga mengetahui perbedaan wartawan bodrek dengan wartawan sungguhan. Sebelumnya, mereka menilai semua wartawan adalah sama.

Manfaat Jurnalistik Bagi Para Pelajar

“Dari pelatihan ini banyak sekali manfaatnya. Saya cukup beruntung ditugaskan sekolah untuk ikut acara ini,” kata Siti, peserta lainnya.

Kabag Humas Ayong Muchtarom mengungkapkan, dalam era globalisasi seperti saat ini, peran media atau informasi dirasa semakin penting. “Alasannya dari bidang inilah yang menjadi rujukan berbagai pihak guna mendapatkan data ataupun informasi yang lengkap,” ungkap Ayong.

Dikatakan juga, dengan adanya pelatihan diharapkan para peserta bisa lebih aktif dalam menyajikan informasi. Khususnya mengenai kegiatan yang dilakukan di sekolahnya masing-masing. Diharapkan dengan cepatnya informasi yang disajikan membuat masyarakat luas lebih paham dengan aktivitas yang ada disekolah tersebut.

“Peserta pelatihan ada 50 siswa dari beberapa sekolah negeri maupun swasta. Yakni, dari SMA, MA dan SMK. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelajar itu sedikit banyak bisa memahami dunia jurnalistik. Untuk materi pelatihan diisi rekan-rekan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Grobogan serta dari Biro Humas Provinsi Jateng,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru