oleh

Persiapan Surat Suara Pilgub Jateng

124 Warga Dilibatkan Dalam Proses Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

Surat suara yang akan dipergunakan dalam Pemilihan Calon Gubernur (Pilgub) Jateng, Juni mendatang mulai disortir dan dilipat di KPUD Grobogan. Penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut melibatkan 124 orang yang berasal dari warga sekitar dan terbagi dalam 31 kelompok. Kamis (24/5/2018) merupakan hari pertama dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara pascaditerima pada Rabu (23/5/2018) dinihari.

Dijelaskan Sekretaris KPU Grobogan Amin Nur Hatta, surat suara yang diterima berjumlah Rp 1.115.700 lembar. Surat suara tersebut dikemas dalam 558 boks. Setiap boks terdapat sekitar 2000 lembar surat suara.

‘’Surat suara yang tiba Rabu dini hari, hari ini (kemarin) langsung kami lakukan penyortiran dan pelipatan. Kami libatkan sebanyak 124 warga untuk proses ini. Sementara, kami targetkan proses ini selesai pada Senin (28/5),’’ katanya, kemarin.

Dalam proses penyortiran dan pelipatan, tahap pertama, baru didapatkan 213.377 lembar. Sementara, sebanyak 36 surat suara rusak dan 213.341 surat suara dalam keadaan baik.

Sebelumnya, logistik surat suara tiba di Kantor KPU Grobogan, Rabu (23/5) dini hari. Logistik tersebut dikirim PT Pura Kudus menggunakan jasa PT Pos Indonesia. Saat kedatangan logistik, Ketua Panwaslu Grobogan Agus Purnama berserta dua anggotanya Sahirul Alim dan Fitria Nita W ikut memantau. Logistik tersebut diterima Amin Nur Hatta, didampingi Kasubag Umum Anung Nugroho dan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Pramudya Kurniawan. Sejumlah polisi terlihat berada di kantor KPU untuk melakukan pengamanan surat suara tersebut.

Amin menambahkan, selain surat suara, beberapa hari sebelumnya sudah tiba logistik tinta. Jumlahnya sebanyak 4.726 botol. Kebutuhan tinta disesuaikan jumlah TPS sebanyak 2.363 titik. Tiap TPS dapat jatah tinta sebanyak 2 botol.

‘’Logistik akan didistribusikan pada 24 Juni2018  mendatang. Kami harap tidak ada kendala hingga hari pemungutan suara pada 27 Juni mendatang,’’ ujarnya.

Komentar

Post Terbaru