oleh

Petani Nambuhan Dikenalkan Benih Jagung Varietas P36 Bekisar

PURWODADI. Grobogannews.com – Suasana berbeda terlihat di areal persawahan di desa Nambuhan, kecamatan Purwodadi, Sabtu (12/5/2018) kemarin. Hari itu, puluhan petani di desa tersebut diperkenalkan produk benih jagung terbaru dari DuPont Pioneer Indonesia. Benih baru ini merupakan varietas P36 Bekisar yang memiliki hasil panen dapat meningkat dan tahan dari hama bulai yang kerap menghambat pertumbuhan tanaman jagung.

Pengenalan benih jagung varietas P36 Bekisar ini langsung disampaikan oleh Public Affairs Manager Asean DuPont Pioneer Indonesia Devi Kusumaningrum. Devi mengatakan varietas terbaru ini dapat menjadi solusi bagi petani mendapat hasil panen lebih banyak. “Varietas baru ini dapat ditanam pada populasi rapat yang berdampak pada jumlah tanaman yang semakin banyak. Rata-rata hasil panennya 9,6 ton per hectare. Potensi panen dapat mencapai angka 13 ton per hektar. Dan keuntungan lainnya, tanaman sudah bisa dipanen pada umur 90 hari,” ujarnya dihadapan petani.

Jagung Varietas baru P36 Bekisar

Pengenalan benih jagung varietas ini dilakukan DuPont Pioneer dengan membuat lahan percontohan di areal persawahan. Tujuannya, agar para petani langsung mengamati kondisi tanaman tersebut setiap hari sampai masa panen.

Terpisah, Manager Marketing DuPont Pioneer Indonesia, Yuana Leksana, menjelaskan varietas benih jagung hibrida baru ini memang menjadi kebutuhan para petani untuk mendukung dua target. “Pertama dalam hal peningkatan pendapatan dari sektor pertanian. Kedua, adanya benih jagung hibrida varian terbaru ini berperan serta target meningkatkan swasembada pangan dari produk jagung yang dicanangkan pemerintah,” kata Yuana.

Varietas jagung P36 ini memiliki kelebihan dibandingkan varietas sebelumnya yang pernah dikeluarkan perusahaan benih jagung ternama itu. Kelebihannya antara lain, P36 bekisar ini dapat tumbuh seragam, batang dan daun yang tetap segar. Tongkol jagung besar dan panjang serta warna biji merah cerah. Kelebihan lainnya, varietas ini tahan terhadap jamur Peronoscerosporamaydis atau yang sering disebut bulai oleh para petani.

Jenis Jagung Varietas P36 Bekisar

Para petani yang ikut dalam kegiatan tersebut sangat antusias. Mereka melihat adanya benih jagung hibrida varietas P36 Bekisar menjadi sumber harapan para petani ke depan. Terlebih dengan kelebihan-kelebihannya tersebut.

“Tadi kita lihat memang benar biji yang dihasilkannya warna merah cerah. Yang seperti inilah yang sangat bagus,” ungkap Yanto, seorang petani yang ikut hadir dalam kegiatan itu.

Yanto menambahkan, adanya benih baru yang dikeluarkan DuPont Pioneer ini secara langsung menambah daftar referensi para petani. Karena itu, mereka dapat memiliki banyak pilihan benih pada musim tanam nanti. “Semoga ini bisa jadi pilihan karena tadi sudah disebutkan tahan bulai,” ungkapnya. (Hana)

Berita Populer:

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru