oleh

5 Ragam Manfaat Dari Cengkeh

-TIPS-416 views

Grobogannews.com | Cengkeh adalah merupakan tanaman rempah yang banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, memang sudah tidak bisa diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati berbagai masalah penyakit. Selain sebagai rempah untuk campuran makanan, manfaat cengkeh sangat biasa digunakan dalam bidang kesehatan.

Cengkeh yang memiliki sifat hangat, sama halnya dengan jahe biasanya disajikan dalam bentuk minuman hangat. Tidak heran dengan banyak khasiatnya tersebut, pada zaman dulu banyak orang Eropa yang datang di Indonesia karena tanaman rempah cengkeh ini. Makanya mereka sampai ingin menguasai tanah air karena melimpahnya hasil rempah – rempah termasuk cengkeh ini. Dan berikut ini sedikit penjelasan mengenai 5 manfaat cengkeh yang baik untuk kesehatan kita

5 Manfaat Cengkeh Untuk Menjaga Kesehatan Dan Pengobatan

  1. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat Cengkeh memang paling sering digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi. Hal ini telah dilakukan sejak lama, bahkan pada puluhan tahun di masa lampau. Ini karena kandungan zat antibiotik pada tanaman rempah ini yang mampu meredakan rasa sakit di gigi yang diakibatkan oleh bakteri.

  1. Membuat Kehangatan Tubuh Tetap Terjaga

Selain kita dapat mengambil manfaat tanaman rempah – rempah ini dengan menyeduhnya dan dikonsumsi sebagai minuman, cengkeh bisa memberikan rasa hangat dengan mengoleskan minyak cengkeh di sebagian tubuh. Bahkan orang – orang di zaman dulu mengunyah cengkeh agar badan tetap hangat.

  1. Menyembuhkan Flu dan Pilek

Sebagai salah satu penyakit yang sering menyerang manusia, flu dan pilek bisa mengganggu aktvitas. Meski begitu hal ini bisa disembuhkan dan dicegah dengan memanfaatkan minyak cengkeh dengan madu, atau juga bisa dengan mengoleskan minyak cengkeh di dekat hidung.  Minyak Cengkeh memang sangat ber manfaat bagi yang sering menderita karena flu

  1. Meredakan Batuk

Selain flu dan pilek, penyakit yang sering menggangu manusai akibat virus dan  bakteri adalah batuk. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan cengkeh, caranya dengan diseduh dan mengonsumsinya dalam bentuk minuman.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Dengan memanfaatkan cengkeh juga, kita dapat membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan sehingga dapat meredakan rasa mual, diare, dan juga sakit perut. Namun untuk penggunaannya harus hati – hati, karena kandungan zat asam yang ada pada tanaman rempah ini sangat kuat, dan bisa membuat irirtasi pada lambung.

Itulah penjelasan di atas tentang 5 manfaat dari cengkeh semoga bisa menambah pengetahun tentang salah satu rempah Indonesia, yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru