oleh

6 Manfaat Terong

-TIPS-438 views

Terong adalah salah satu bahan yang paling sering ditemukan dalam olahan kuliner khas Indonesia. Bisa diolah menjadi masakan apa saja, dari mulai disayur, digoreng, hingga dijadikan sambal terong yang bisa disajikan dengan nasi hangat. Ini adalah satu kegemaran kebanyakan masyarakat Indonesia. Tidak hanya bisa digunakan dalam mengolah masakan, tetapi terong juga memiliki manfaat terong yang baik untuk tubuh.

Terong sendiri merupakan tanaman yang dapat ditemui dan tumbuh di daerah tropis dan sub tropis, khususnya di kawasan Asia dan Afrika. Tanpa banyak diketahui orang, sayur adalah termasuk dalam kategori buah meskipun sering diolah menjadi masakan. Sama halnya dengan tomat, paprika dan juga cabai. Meski begitu tetaplah memiliki manfaat, dan berikut penjelasan 6 manfaat terong:

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Nah, pasti tidak banyak yang tahu jika dengan mengonsumsi terong bisa meningkatkan fungsi otak. Karena di dalam terong mengandung yang namanya nasunin, yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Zat ini bisa didapatkan dari kulit terong. Untuk itu sebaiknya saat mengolah terong tidak perlu membuang kulitnya.

  1. Menjadikan Kulit Lebih Lembut dan Bercahaya

Hal yang satu ini juga tidak banyak diketahui, kalau mengonsumsi terong bisa menyehatkan kulit. Menjadikannya lembut dan lebih bercahaya. Hal ini karena di dalam terong terdapat antioksidan dan 92 persen terdiri dari air.

  1. Mengurangi Gejala Penuaan Dini

Penuaan dini ditunjukkan dengan adanya gejala kulit yang mulai mengeriput dan mudah lupa. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi terong yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam terong terdapat kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang bermanfaat besar untuk kesehatan jantung.

  1. Dapat Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Dengan rutin mengonsumsi terong dapat bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh karena mengandung asam klorogenat.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Terong yang kaya akan kandungan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat yang dapat mencegah pertumbuhan tumor dan tumbuhnya sel โ€“ sel kanker dalam tumbuh.

Pasti tidak banyak yang tahu dengan 6 manfaat terong ini, dan semoga setelah ini dapat lebih rajin lagi mengonsumsi terong untuk tubuh yang lebih sehat lagi.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru