oleh

Dinas Perhubungan Siapkan Jalur Alternatif

-SOSIAL-875 views

Jelang Mudik, Grobogan Persiapkan Jalur Alternatif dan Petunjuk Arah Portabel

Grobogangrobogannews.com- Menjelang arus mudik, Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk langkah antisipasi lonjakan jumlah kendaraan saat arus mudik dan arus balik. Selain menyiapkan jalur alternatif, Dishub juga menyiapkan petunjuk arah portable untuk mempermudah pemudik yang akan menggunakan jalur Kabupaten Grobogan nantinya.

Kepala Dinas Perhubungan Agung Sutanto mengatakan diperkirakan ada sekitar 2000 kendaraan yang akan masuk di wilayah Kabupaten Grobogan. Dari jumlah tersebut, diperkirakn 70 persennya merupakan kendaraan roda empat, sementara 30 persen sisanya kendaraan roda dua.

‘’Jumlah yang masuk di Kabupaten Grobogan diperkirakan sama seperti tahun lalu. Kemungkinan H-10 jalan Pantura diperkirakan sudah kembali normal. Disamping itu, Jembatan Tuban juga sudah bisa dilewati. Panjangnya waktu liburan juga memberikan alternatif bagi pemudik untuk memilih menghemat waktu,’’ katanya, kemarin.

Kondisi itu diprediksi tidak ada pengalihan arus di Pantura. Di mana sebelumnya, dari Semarang ke Jawa Timur harus melalui jalur Demak-Kudus-Pati, menuju jalur Grobogan-Blora. Meski diperkirakan tidak akan ada pengalihan, pihaknya tetap mewaspadai penumpukan kendaraan di wilayahnya.

Pihaknya secara rutin melakukan pemeriksaan angkutan di terminal maupun pool bus. Pemeriksaan itu untuk ditujukan untuk memastikan kelaikan angkutan missal yang akan dipergunakan sebagai angkutan lebaran. Dengan begitu, masyarakat yang mendapatkan pelayanan tersebut dapat mudik lebih nyaman.

‘’Kami bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menghadapi masa angkutan lebaran ini. Kami harap arus mudik balik nanti tetap aman dan nyaman,’’ jelasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menghimbau pada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat mudik. Terlebih, kontur jalanan di Kabupaten Grobogan mayoritas terbilang sempit. Pihaknya sendiri akan menambahkan pengamanan di dua titik rawan kecelakaan, yakni di titik Jatipohon dan sepanjang jalan Godong-Penawangan-Purwodadi.

‘’Jalur alternatif, dan marka pembatas jalan kami siapkan. Untuk daerah rawan kecelakaan, kami akan tambah pengamanan dan rambu-rambu peringatan,’’ ujarnya. (hana)

 

Komentar

Berita Terbaru