oleh

Euforia Pilgub 2018

-POLITIK-287 views

“Bola-Bali-Pojok Buku” Hidupkan Euforia Pilgub 2018

Merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Jawa Tengah. Pasalnya, seluruh masyarakat Jawa Tengah menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jateng 2018. Meski pelaksanaan pemungutan suara telah selesai pada pukul 13.00 WIB, suasana euphoria Pilgub kali ini masih sangat terasa. Terutama di wilayah Kabupaten Grobogan. Berbagai bentuk kreativitas diperlihatkan di beberapa TPS yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten Grobogan.

Di kecamatan Purwodadi, tepatnya di TPS 10 lingkungan Palembahan-Kalongan. Di sini, TPS didesain dengan suasana bola. Ketua KPPS TPS 10, Suwarto mengatakan penggunaan konsep suasana bola ini berkaitan dengan musim Piala Dunia. Terlihat mulai dari MMT ucapan selamat datang masyarakat pemilih di TPS 10 dengan bergambar beberapa bintang sepak bola dunia. Tidak sampai di situ, untuk mengaitkan MMT tersebut, panitia menggunakan bola plastik sebagai pemberatnya.

TPS Pilgub Jateng 2018

Selain itu, bendera merah putih yang terbuat dari plastik juga dipasang berjejer menghiasi atap TPS ini. Sementara para anggota KPPS menggunakan seragam tim awayTimnas Indonesia.

’’Meski Indonesia tidak ikut menjadi peserta di Piala Dunia Rusia 2018, kami ingin menyemarakan pesta sepak bola dunia itu. Kami menggunakan seragam timnas Indonesia atas dasar kecintaan kami pada negeri ini. Kaus tim away ini kami gunakan karena berwarna putih, dan tidak mewakili warna partai apapun,’’ kata Ketua KPPS TPS 10 Suwarto.

Lain dengan TPS 09 yang berada di dusun Sukoharjo desa Krangganharjo kecamatan Toroh. Di TPS yang dekat dengan tempat wisata Candi Joglo Purwodadi ini para anggota KPPS-nya menggunakan kain poleng dengan dihiasi kain udeng untuk para anggota KPPS pria. Sedangkan untuk anggota KPPS perempuan mengenakan bandana ala penari bali.

“Seluruh petugas KPPS di TPS 09 ini menggunakan pakaian baju khas nuansa Bali untuk menarik simpati masyarakat setempat agar datang ke TPS ini untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub ini,” ujar Muhadi, pengelola Candi Joglo yang kebetulan usai mencoblos di TPS tersebut.

Keunikan lain ditemukan di TPS 10 desa Sumberjosari kecamatan Karangrayung. Di TPS ini dipergunakan desain pojok baca dengan beragam jenis buku bacaan yang tertata rapi di luar ruang kelas III SDN 4 Karangrayung. Berbagai jenis buku mulai dari buku fiksi, non-fiksi, hingga buku pengetahuan disediakan di TPS ini disertai penjaga yakni dua orang Hansip setempat. Di sini warga dapat meminjam buku dan membaca di tempat secara gratis. Meski demikian disediakan dua petugas Hansip yang menjaga buku-buku bacaan tersebut.

Pojok Baca

Ketua KPPS TPS 10 desa Sumberjosari, kecamatan Karangrayung, Yulianto mengatakan, penggunaan desain ruang baca tersebut untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat dengan menyediakan buku-buku tersebut.

’’Kami tahu, minat baca di Indonesia masing sangat minim. Agar tidak ada yang melamun, pemilik hak suara bisa sambil baca buku saat menunggu giliran mencoblos atau menanti penghitungan suara. Selain menghilangkan kebosanan, juga bisa menambah pengetahuan,’’ komentarnya. (hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru