oleh

Pertunjukkan Seni di Candi Joglo

-WISATA-502 views

Lestarikan Budaya, Candi Joglo Rutin Gelar Pertunjukkan Seni

Untuk melestarikan budaya Jawa, Candi Joglo yang berlokasi di desa Krangganharjo kecamatan Toroh ini kerap menggelar pertunjukan seni. Contohnya seperti yang pertunjukan ketoprak sepekan lalu, tepatnya pada Sabtu (9/6/2018) malam.

Di depan joglo tepatnya di pelataran obyek wisata tersebut, para pemain ketoprak dari teater “Anggoro Budoyo” ini tengah memainkan lakon Keris Mataram. Permainan yang luwes dan mayoritas diisi dengan dialog berbahasa Jawa dari para pemain mampu menghibur sedikitnya 300 penonton. Mereka terdiri dari anak-anak, remaja, pemuda dan juga orang tua.

Ketoprak Anggoro Budoyo di Candi Joglo

Bunyi gamelan juga terdengar ramah di telinga pada sesi penari masuk ke panggung utama. Para penonton ikut larut dalam irama musik yang terdengar menenteramkan jiwa. Begitu pula dengan keluwesan para penari. Mereka sangat menjaga aturan dalam menggerakan anggota badannya seirama dengan musik gamelan tersebut.

Muhadi selaku pengurus Candi Joglo ini mengakui peranan pemerintah. Baik di tingkat kecamatan maupun daerah yang ikut mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Candi Joglo ini. “Bagi kami selaku pengelola Candi Joglo sangat berterimakasih sekali kepada aparat pemerintah baik muspika dan muspida setempat yang telah memberi ijin dan tempat bagi Candi Joglo ini. Selain untuk wisata, Candi Joglo juga bisa digunakan utuk tampil sebagai wadah seni dan budaya. Selain itu, Candi Joglo ini juga sedang menuju ke tempat wisata edukasi khususnya seni dan kebudayaan daerah,” ungkap Muhadi.

Ketoprak Anggoro Budoyo Candi Joglo

Ditambahkan Muhadi, kegiatan pentas ini sudah dilakukan dua kali. Untuk pentas kedua ini, lakon bertajuk Keris Mataram. “Yang pertama juga sudah mendapatkan animo dari masyarakat. Sudah direkam juga dari sebuah tv lokal di Jawa Timur,” ungkap Muhadi. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru