oleh

Segera Urus KTP-el Saat Pulang Kampung

-SOSIAL-445 views

Perantau Asal Grobogan Wajib Urus Syarat Kependudukan Saat Pulang Kampung

Grobogan-grobogannews.com – Bagi perantau asal Grobogan yang masih berdomisili di wilayah Kabupaten Grobogan dan belum melakukan perekaman e-KTP, Dispendukcapil mengadakan pelayanan perekaman KTP elektronik pada tiga hari pertama masa cuti. Hal itu diutarakan langsung Kepala Dispendukcapil, Moh Susilo.

“Kami tetap membuka pelayanan pada tanggal 11-13 Juni 2018. Dibuka mulai pukul 08.00-12.00. Lalu, pada hari H pelaksanaan Pilgub kami juga masih membuka pelayanan. Ini dikhususkan kepada para pemudik yang ingin mengurus administrasi kependudukannya terutama bagi yang belum melakukan perekaman e-KTP,” tutur Moh Susilo.

Dari data yang dimiliki Dispendukcapil Kabupaten Grobogan, dari 1.088.517 orang wajib KTP, tinggal 6.841 yang belum melakukan rekam KTP elektronik. Jika dikalkulasikan secara prosentase, hanya tinggal 0,63 persen yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Dari jumlah tersebut berasal dari wajib KTP kategori warga Grobogan yang merantau ke luar daerah, sisanya merupakan penyandang difabel dan warga lanjut usia. Khusus kepada pemudik, kami sarankan agar segera melakukan perekaman di kecamatan masing-masing atau ke kantor Disdukcapil. Saya imbau pada masyarakat dan pemudik yang belum melakukan perekaman data untuk memanfaatkan kesempatan ini,’’ ujarnya.

Saat ini masih ada 3.231 keping KTP-el yang belum dicetak dan sudah masuk dalam antrean pencetakan. Setelah dicetak, Dispendukcapil akan mendistribusikannya ke kepala desa masing-masing sesuai alamat pemilik KTP. Ditambahkan Susilo, bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman tapi belum menerima KTP-el agar segera menanyakannya pada kepala desa masing-masing. “Bila juga tidak ditemukan, kami meminta yang bersangkutan untuk datang ke kantor Dispendukcapil,” harapnya.

Khusus untuk blangko KTP el di Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (5/6/2018) masih dalam kategori aman yakni 9024 keping. Sementara 10 ribu keping masih dalam pengiriman ke Dispendukcapil Kabupaten Grobogan.

“Sementara, bagi yang sudah melakukan perekaman namun belum menerima KTP-el diminta untuk menanyakan pada kepala desa masing-masing. Bila tidak ditemukan, kami meminta yang bersangkutan untuk datang ke kantor Disdukcapil,” kata Susilo yang juga menambahkan stok blangko KTP-el sampai Selasa (5/6/2018) dalam posisi aman yakni 9024 keping dan 10 ribu keeping dalam pengiriman. (hana)

 

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru