oleh

Antisipasi Tindakan Ilegal, Petugas Operasi Rutan

Benda Dianggap Membahayakan Diamankan Petugas

Grobogannews.com | Pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap kepala LP Sukamiskin Bandung beberapa waktu lalu, beberapa rumah tahanan di berbagai daerah di Indonesia diperiksa petugas gabungan. Tak terkecuali di Rutan Purwodadi. Minggu (22/7/2018) malam, petugas gabungan dari Polres Grobogan dan Rutan kelas IIB Purwodadi menggelar operasi bersama dan dipimpin langsung Kapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq.

Setiap sel yang dihuni para tahanan maupun narapidana disisir petugas. Seluruhnya diperiksa dengan teliti. Tak hanya ruang tahanan saja, namun para tahanan dan narapidana juga digeledah untuk mengecek apakah ada sesuatu yang disembunyikan dalam pakaiannya.

Dari hasil penyisiran petugas, tidak ditemukan adanya benda terlarang seperti senjata tajam (sajam) dan narkoba. Meski tidak ditemukan benda yang membahayakan, namun petugas tetap mengamankan beberapa benda yang dianggap menimbulkan bahaya yakni korek api, penggaris, sendok, dan potongan besi. Benda-benda tersebut memang dilarang penggunaannya di dalam rumah tahanan. Karena itu, petugas mengamankannya dari tangan para tahanan.

Dikatakan Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, barang-barang tersebut dapat dipergunakan untuk tindakan illegal di dalam rutan. “Bahkan dapat dijadikan senjata untuk mengancam atau melukai petugas. Semua barang tersebut tidak diperbolehkan berada di dalam sel. Kami minta kepada petugas agar tidak berkompromi dengan para tahanan,” ungkap Kapolres.

Selain itu, tambahnya, razia dan penyitaan ini diharapkan dapat mengantisipasi upaya narapidana atau tahanan untuk kabur atau membuat keributan di dalam rutan.

Sementara itu, Kepala Rutan Purwodadi, Surakhmat mengatakan, kegiatan operasi gabungan tersebut dilakukan pascaterjadinya operasi tangkap tangan KPK di Lapas Sukamiskin, Jumat (20/7/2018) lalu. Pihaknya menyatakan terbuka terhadap petugas kepolisian untuk melakukan kegiatan operasi di Rutan yang berlokasi di jalan R. Suprapto ini.

“Kegiatan ini untuk kebaikan bersama dan mencegah adanya penyimpangan petugas kami. Kami berharap dari kegiatan ini, sinergitas antara kami dan jajaran kepolisian dapat terus terjalin,” pungkas Surakhmat. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru