oleh

Asal Purwodadi, Juara Pertama Kompetisi Sains Madrasah 2018 se-Jateng

-PENDIDIKAN-626 views

Siswa Berprestasi Asal Purwodadi Melaju Ke Ajang Perlombaan Nasional

Grobogannews.com,Purwodadi. Nama harum Kabupaten Grobogan kembali dibawa oleh seorang siswa MAN 1 Grobogan, Muhammad Alfi Musyarrof. Siswa kelas XII MIPA 1 ini dinobatkan menjadi juara pertama dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 tingkat Jawa Tengah. Sosok yang mengutamakan prinsip pantang menyerah ini berhasil memenangkan lomba tersebut setelah sebelumnya sempat gagal di tahun sebelumnya.

’’Saya sempat berpikir, kegagalan di perlombaan itu karena mungkin saya kurang persiapan. Akhirnya setelah mengkuti perlombaan pertama di Magelang, saya langsung mempersiapkan diri untuk perlombaan selanjutnya dan berhasil,’’ kata Alfi didampingi pembimbingnya, Muhamad Huda.

Alfi mengaku, tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Kegagalan di tahun sebelumnya dijadikan cambuk bagi siswa yang tinggal di Getas Pendowo, kelurahan Kuripan, kecamatan Purwodadi ini. Ia kembali mempersiapkan diri dengan arahan pembimbingnya, Muhammad Huda dan dua kakak kelasnya yang kini menjadi alumni MAN 1 Grobogan yakni Munbais Husni Zamzam dan Wulan Yulianingrum.

Berkat kegigihan dan ketekunannya saat berlatih bersama para pembimbingnya, Alfi berhasil menjadi juara 1 KSM tingkat Provinsi pada 24-25 Juli 2018 lalu di Pemalang. Alfi meraih peringkat pertama dengan skor 43. Sementara pada posisi kedua hanya selisih 1 poin yakni, 42 dan di peringkat ketiga memiliki poin 41.

Alfi membandingkan pada pelaksanaan kompetisi di tahun sebelumnya dan di tahun 2018 ini. Menurut Alfi, pada saat perlombaan di Magelang, seluruh soal diberikan secara manual. Sedangkan di tahun ini, soal lomba diberikan dengan sistem berbasis komputer (CBT).  Dengan sistem ini, hasil lomba dapat diketahui langsung para peserta karena nilai langsung keluar setelah menyelesaikan lomba tersebut.

“Alhamdulillah, akhirnya saya berhasil memenangi kompetisi ini sebab, persaingannya sangat ketat,’’ katanya.

Menang dalam ajang kompetisi ilmiah madrasah tingkat Jawa Tengah, Alfi berhak mengikuti KSM tingkat Nasional mewakili Jateng. Rencananya, kompetisi itu akan diselenggarakan pada 24-29 September 2018 di Bengkulu. Secara langsung, Alfi juga mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional.

Keberhasilan Alfi ini pun diapresiasi Kepala MAN 1 Grobogan Zulaikhah MT. Zulaikhah mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya ini. Ia berharap Alfi dapat menjadi contoh bagi teman-teman dan adik-adik kelasnya. Pihaknya juga menyiapkan hadiah khusus bagi siswanya yang berprestasi.

’’Baru kali ini ada siswa kami yang berhasil masuk ke tingkat nasional. Kami harap ini memacu teman-temannya maupun adik kelasnya untuk berprestasi di beberapa bidang,’’ kata Zulaikhah. (hana)

Berita Populer:

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru