oleh

Bencana Kekeringan Di Grobogan, 79 Desa Ajukan Bantuan Air Bersih

-SOSIAL-398 views

Separuh Kelurahan Diwilayah Kabupaten Grobogan Rawan Bencana Kekeringan

Grobogannews.com, Purwodadi. Bencana kekeringan semakin meluas di beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan. Masyarakat dari 79 desa mengharapkan adanya bantuan air bersih. Karena itu, dari 280 desa/keluarahan yang ada di Kabupaten Grobogan tersebut, 79 desa sudah melakukan pengajuan bantuan air bersih kepada BPBD Kabupaten Grobogan.

Hal tersebut dinyatakan langsung Kepala BPBD Grobogan, Agus Sulaksono. Agus membenarkan jika permintaan bantuan tersebut dikirimkan dari masing-masing kecamatan.

“Data hingga hari ini ada 79 desa yang mengajukan permintaan bantuan air bersih. Permintaan bantuan ini dikirimkan dari masing-masing kecamatan,” kata Kepala BPBD Grobogan Agus Sulaksono, kemarin.

Agus menambahkan, 79 desa ini berasal dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan diantaranya Kradenan (14 desa), Gabus (12 desa), Ngaringan (4 desa), Grobogan (8 desa), Kedungjati (4 desa), Pulokulon (13 desa), Geyer (10 desa), Purwodadi (5 desa), Gubug (1 desa), Wirosari (3 desa) dan Toroh (1 desa). Pihaknya juga mengatakan sudah melakukan dropping air bersih sejak dua pekan yang lalu. Sebanyak 66 tangki berisi air bersih sudah disalurkan untuk desa yang diprioritaskan yakni yang berkategori berat.

“Prioritasnya untuk yang berat dulu. Sampai hari ini, penyaluran masih terus kami lakukan,” tambahnya.

Berkaitan dengan penanganan bencana kekeringan, telah dialokasikan anggaran sekitar Rp 175 juta. Dana tersebut memang dipersiapkan untuk kegiatan yang berkaitan dengan penanganan bencana kekeringan, khususnya dropping air bersih.

“Dari data bencana kekeringan yang ada, separuh dari 280 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Grobogan ini rawan bencana kekeringan. Dari 19 kecamatan, empat kecamatan yang aman dari bencana ini hanya ada di kecamatan Godong, Gubug, Klambu dan Tegowanu,” pungkas Agus. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru