oleh

BPPKAD : Target PBB Masih Belum Tercapai

-SOSIAL-369 views

Capaian PBB Masih Rendah, Seluruh Kepala Desa Diminta Cari Solusinya

PURWODADI | Capaian pendapatan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Grobogan setengah tahun ini masih jauh dari harapan. Dari bulan Januari hingga kini, pendapatan daerah dari PBB baru masuk 43% dari target.
Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Wahyu Susetijono mengatakan pihaknya sudah mengundang beberapa kepala desa yang capaiannya masih rendah. Para kades tersebut dihimbau agar segera melunasi PBB di wilayahnya masing-masing.

’’Saat ini baru masuk Rp 10,98 miliar atau sekitar 43% dari target yang kami tentukan. Kami minta agar kades-kades, terutama yang capaiannya masih rendah, untuk segera melunasi PBB. Sebab, masa pajaknya masih sampai September mendatang,’’ kata Wahyu, kemarin.

Dikatakan Wahyu Susetijono, saat ini pihaknya hanya bisa menagih kepala desa agar capaian tersebut dapat diraih sesuai target. Di samping itu, BPPKAD akan memanggil kades untuk mencarikan pokok permasalahannya agar dapat dicarikan solusinya.

Menurutnya, sesuai Perda No 1 tahun 2012 pihaknya akan memberikan denda sebesar 2% perbulannya dari total PBB di desa bila ada keterlambatan. Sementara maksimal masa denda yang diberikan 24 bulan. ’’Desa yang dapat tepat waktu pembayaran PBB-nya juga kami beri apresiasi. Namun bagi desa yang terlambat tentu ada pemberian sanksi, sesuai Perda. Kami akan terus mengevaluasi dan mencari inovasi baru agar target PBB tercapai,’’ ujarnya.

Kepala Bagian Pemerintah Desa Pemkab Grobogan Daru Wisakti, beberapa waktu lalu mengatakan, petahana (incumbent) yang kembali mencalonkan diri sebagai peserta Pilkades Serentak diminta untuk membereskan PBB di wilayahnya lebih dulu. ’’Ini menjadi salah satu persyaratan wajib bagi petahana yang akan mencalonkan diri kembali,’’ ujar Daru. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru