oleh

Bupati Grobogan : DBH PBB 2017 Menurun

-PERISTIWA-471 views

DBH PBB Kabupaten Grobogan Alami Penurunan

Grobogannews | Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 di Kabupaten Grobogan mengalami penurunan.  Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni pada rapat paripurna ke 16 di gedung DPRD Kabupaten Grobogan dengan agenda Pembicaraan Tingkat I Tahap Ketiga Jawaban Bupati tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Grobogan TA 2017, Rabu (4/7/2018).

Menurutnya, pada tahun 2016 lalu tercatat DBH dari PBB sekitar Rp 29 Miliar. Pada tahun 2017 ini, jumlahnya menurun yakni sekitar Rp 13,604 Miliar. Penurunan juga terjadi pada Pajak Penghasilan (PPh) 21, 25, dan 29 yang terealisasi sekitar Rp 8,9 miliar. Sementara pada tahun sebelumnya, PPh yang diterealisasi sekitar Rp 11,388 miliar.

Orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini  menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.07/2017 tentang Perubahan atas Pertauran Menteri Keunangan nomor 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa, transfer DBH PBB, PPh 21, 25 dan 29 dilaksankan berdasarkan pagu dari pemerintah pusat.

“Dalam aturan tersebut dijelaskan, transfer DBH PBB, PPh 21, 25 dan 29 dilaksanakan berdasarkan pagu dari pemerintah pusat. Ada beberapa mekanisme yang harus diikuti sesuai dengan aturan tersebut,’’ tambahnya.

Juga Sampaikan Pandangan Umum

Selain menjelaskan mengenai Dana Bagi Hasil (DBH) yang bersumber pada PBB ini, Sri Sumarni juga menyampaikan pandangan umumnya terkait upaya realisasi pengembangan tiga puskesmas yakni Puskesmas Wirosari 2, Karangrayung 2, dan Tanggungharjo. Menurutnya, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam perubahan status tersebut antara lain, aspek teknis, yakni aspek teknis, ekonomi, dan geografis.

“Kami menyadari masyarakat banyak yang berharap agar seluruh puskesmas melayani rawat inap. Akan tetapi, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dan dibahas bersama yaitu kebutuhan tenaga kesehatan, sarana dan prasarana,” imbuhnya. (Hana)

Komentar

Post Terbaru