oleh

Pembekalan Panitia Pilkades 2018

-POLITIK-531 views

Demi Kelancaran, Panitia Pilkades Diminta Cermati Regulasi

Purwodadi-Grobogannews.com | Panitia penyelenggaran Pemilihan Kepala Desa (pilkades) dihimbau agar mencermati regulasi yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan Pilkades serentak di 222 desa se Kabupaten Grobogan yang akan dilangsungkan pada 22 November 2018.

Menurut Kabag Pemdes Pemkab Grobogan, Daru Wisakti pihaknya berharap panitia bersifat netral dan profesional dalam melaksanakan Pilkades 2018. Daru juta menjelaskan pihaknya sudah memberikan pelatihan. Dalam pelatihan itu juga panitia juga diingatkan agar menjalankan tugasnya sesuai regulasi yang ada.

’’Kuasai regulasi yang ada, itu akan menjamin kelancaran Pilkades. Kami sudah menyosialisasikan tentang kecakapan dan keprofesionalan pada panitia,’’ kata Daru Wisakti usai memberikan sosialisasi pada panitia penyelenggara Pilkades, Kamis (5/7/2018).

Daru menambahkan, Pemkab dan kecamatan sendiri akan membantu memfasilitasi penyelenggaraan Pilkades. Terbatasnya anggaran yang ada, Bagian Pemdes juga meminta agar desa penyelenggara Pilkades menyiapkan dana dari APBDes.

’’Nantinya ada tujuh orang panitia inti di setiap desa. Mereka juga bisa membentuk panitia pembantu atau pokja sesuai kebutuhan. Namun, hanya tujuh panitia inti yang mendapatkan honor dari APBD, sementara panitia pembantu dan pokja bisa dianggarkan melalui APBDes,’’ ujarnya.

Jika anggaran APBDes juga terbatas lantaran pendapatan asli desa (PAD) kecil, pihaknya menyarankan pemerintah desa untuk menggeser porsi belanja atau menggali pendapatan lain. Daru juga menyarankan untuk menggeser pelelangan sebagian tanah bengkok pada musim 2019 ke 2018.

Sementara itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan petugas keamanan TNI, Polri dan Satpol PP untuk membantu pengamanan Pilkades. Ada beberapa keamanan melekat dan yang lain bersifat (on call). ’’Untuk yang on call, kami letakan di enam eks kawedanan. Mereka siap digeser bila ada situasi yang tidak diinginkan. Namun, kami harap masing-masing panitia di desa bisa mengupayakan keamanan di masing-masing wilayahnya,’’ ujarnya. (Hana)

Komentar

Post Terbaru