oleh

Tabligh Akbar Polres Grobogan

KH Said Aqil Siradj Ajak Masyarakat Hidup Rukun dalam Keberagaman

Grobogannews | Suasana berbeda terlihat di halaman belakang Mapolres Grobogan, Jumat (6/7/2018) siang. Sebuah tratak beserta panggung berdiri megah yang dipergunakan untuk kegiatan “Tabligh Akbar dan Halal Bihalal Ulama dan Polres Grobogan bersama Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj, MA dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72 Tahun 2018.” Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai penceramah yakni Ketua PBNU Pusat, KH Said Aqil Siradj. Kehadirannya memang sangat dinantikan oleh para tamu undangan yang mayoritas merupakan personil polisi yang bertugas di wilayah hukum Polres Grobogan.

Tabligh Akbar dan Halal Bihalal Ulama Bersama Polres Grobogan (1)

Dalam ceramahnya, KH Aqil Said menceritakan sejarah Nabi Muhammad pada saat mendirikan negara. Menurutnya, Nabi Muhammad memang mendirikan negara yang majemuk. “Nabi mendirikan negara yang majemuk. Masyarakatnya tidak hanya Muslim saja, tetapi juga nonmusim. Dan mereka mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Bahkan akhir khotbah Jumat, Nabi selalu megatakan kita semua bersaudara jadi tidak boleh ada kekerasan dan harus hidup damai,” paparnya.

Di hadapan tamu undangan, KH Said Aqil Siradj juga menyatakan keprihatinannya atas tindakan yang bertentangan dengan hukum dan agama. Seperti yang baru saja terjadi yakni bunuh diri. “Banyak kejadian seperti yang baru terjadi bunuh diri itu bertentangan dengan agama Islam. Itu tidak mencerminkan Islam. Islam itu cinta damai,” ungkapnya.

Di akhir ceramahnya, KH Said Aqil Siradj ini mengajak para jamaah sebagai masyarakat agar hidup rukun dalam keberagaman.

Acara Tabligh Akbar dan Halal Bihalal Ulama dan Polres Grobogan bersama Prof DR KH Said Aqil Siradj MA ini dihadiri para tamu undangan di antaranya Bupati Grobogan, Hj Sri Sumarni yang diwakili Sekda Grobogan Moh Soemarsono. Selain itu, terlihat juga Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arm Teguh Cahyadi, Kejari Grobogan Edi Handojo dan beberapa Pejabat Utama (PJU) Polres Grobogan, para Alim Ulama se Kabupaten Grobogan serta tamu undangan lain.

Sebelum acara dimulai, Wakapolda Jateng Kombes Ahmad Lutfi didampingi Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq memberikan santunan kepada anak-anak yatim. Pada kesempatan itu juga, Wakapolda memberikan sekapur sirih yang ditujukan kepada jajaran personil Polres Grobogan.

Dalam sambutannya, Wakapolda mengatakan halal bihalal ini diadakan merupakan tradisi umat Muslim usai menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Selain itu, Wakapolda mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Grobogan beserta jajarannya yang telah mengamankan wilayah Kabupaten Grobogan pada saat arus mudik dan balik sampai pada Pilgub 2018 di wilayah hukum Polres Grobogan.

Senada dengan Wakapolda Jateng, Bupati Grobogan yang diwakili Sekda Grobogan Moh Soemarsono mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Grobogan yang telah membantu mengamankan arus mudik dan arus balik sampai pada pelaksanaan Pilgub sehingga berjalan aman, lancar dan damai.

“Terima kasih kepada jajaran Polres Grobogan . Terima kasih kepada Kapolres Grobogan atas kelancaran dan keamanan arus mudik dan balik sampai pada pelaksanaan Pilgub 2018 sehingga tercipta situasi yang kondusif. Pilgub kali ini boleh berjalan aman dan damai. Yang kemarin berbeda pendapat kini saatnya kita bersama-sama membangun grobogan,” imbuh Moh Soemarsono.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru